Anak Demam Saat Tumbuh Gigi, Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasinya

Anak Demam Saat Tumbuh Gigi, Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasinya Ilustrasi. Anak demam karena tumbuh gigi. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Tumbuh gigi pada bayi usia 4-6 bulan biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman yang membuatnya bayi menjadi rewel seharian.

Pertumbuhan gigi pada anak akan terus terjadi hingga usia 2-3 tahun. Selama tumbuh gigi, anak biasanya akan mengalami demam tumbuh gigi ringan.

Meski tidak perlu dikhawatirkan, orang tua tetap harus siap jika selama demam anak jadi lebih rewel.

Ketika tumbuh gigi, demam terjadi karena si kecil mengalami peradangan gusi. Peradangan inilah yang memicu munculnya demam pada bayi.

Baca Juga : 10 Adab Berdoa yang Diajarkan Rasulullah, Wajib Diketahui

Tak hanya itu, tumbuh gigi juga memicu stres bayi yang membuat daya tahan tubuh melemah dan rentan sakit. Itulah sebabnya ketika tumbuh gigi, ada peningkatan suhu pada tubuh bayi.

Namun berbeda dengan demam biasa, demam karena tumbuh gigi memiliki beberapa ciri yang khas.

Demam yang terjadi karena gigi tumbuh biasanya tergolong ringan dan tidak lebih dari 38 derajat Celcius.

Biasanya demam juga akan disertai dengan beberapa tanda lainnya, seperti ngiler, gusi bengkak, mudah marah, ruam di mulut dan nafsu makan turun.

Perilaku anak biasanya juga akan berubah. Ia jadi suka menggigit dan menggosok area sekitar mulut, telinga dan pipi.

Seperti disadur melalui laman Tanya Pepsodent, berikut ini aara mengatasi anak rewel saat tumbuh gigi:

1. Beri Camilan yang Sehat

Selama tumbuh gigi, biasanya ada beberapa kebiasaan yang berubah. Salah satunya adalah kebiasaan suka menggigit benda apapun yang ada di dekatnya.

Melihat si kecil suka menggigit benda di sekitarnya, orang tua tentu merasa khawatir. Namun alih-alih menghentikan buah hati secara paksa, ada baiknya orang tua menyalurkan kebiasaan tersebut ke arah yang lebih baik.

Orang tua bisa memberi camilan sehat untuk si kecil. Misalnya saja seperti apel yang sudah dipotong kecil. Selain itu, dampingi si kecil agar ia tidak tersedak.

2. Beri Teether atau Mainan Gigi

Daripada menggigit benda-benda yang berisiko melukai mulut dan gigi si kecil, cobalah untuk memberinya teether atau mainan gigi.

Bahan mainan yang empuk relatif aman untuk si kecil. Namun perhatikan juga bahannya. Pastikan mainan gigi si kecil terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA. Selain itu, bersihkan mainan tersebut sebelum memberikannya ke anak.

Baca Juga : 7 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

3. Usap Gigi Si Kecil

Rasa nyeri yang dirasakan saat tumbuh gigi bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman. Inilah yang membuatnya rewel.

Untuk membantu meredakan nyeri, orang tua bisa mengusap gusi si kecil dengan jari yang bersih. Usap secara perlahan dan lembut. Usapan lembut bisa membantu mengurangi nyeri yang dirasakan.

4. Beri Minuman Dingin

Minuman dingin juga bisa membantu meredakan nyeri yang dirasakan saat tumbuh gigi. Akan tetapi, usahakan minuman yang diberikan tidak terlalu dingin.

Suhu yang terlalu dingin bisa membuat gusi si kecil terasa sakit. Selain itu, ada baiknya jika minuman yang diberikan adalah minuman yang bernutrisi seperti yoghurt atau susu dingin.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini