Penyebab Motor Matic Lebih Boros Dibandingkan Motor Manual, Lakukan Trik Ini Biar Irit

Penyebab Motor Matic Lebih Boros Dibandingkan Motor Manual, Lakukan Trik Ini Biar Irit Motor Matic Lebih Boros Dibandingkan Motor Manual. (Kanal.web.id)

TERASBANDUNG.COM - Pastinya banyak dari pecinta dunia otomotif yang sudah sering mendengar bahwa motor matic jauh lebih boros dibandingkan motor manual.

Tentunya hal ini bukan sekedar mitos. Dari segi konsumsi BBM, motor matic memang jauh lebih boros dibandingkan dengan motor manual.

Walaupun banyak motor matic yang saat ini sudah diperkaya dengan teknologi injeksi, tapi keiritan bahan bakar tetap tidak bisa mengalahkan motor manual.

Perbedaan penggunaan BBM dikarenakan motor matic menggunakan perputaran transmisi otomatis yang membuat kerja mesin jauh lebih keras.

Baca Juga : Kaya Akan Vitamin, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Hal ini tentu berbeda dengan motor manual. Pada motor manual, kalian dapat mengoper atau menurunkan gigi saat melajukan motor dengan kecepatan sedang atau lebih pelan.

Sedangkan di motor matic, putaran mesin awalnya membutuhkan putaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor manual.

Sehingga konsumsi bensin motor matic yang digunakan pada jalur stop n go bisa jauh lebih boros.

Kedua, putaran mesinnya cenderung lebih tinggi saat berkendara, karena tidak memiliki gigi manual yang bisa mengaturnya.

Bagian CVT akan lebih sering berada di putaran menengah hingga tinggi saat berkendara, ini juga bisa menjadi penyebab borosnya bensin motor maticmu.

Baca Juga : 5 Penyebab Ketiak Bau Meski Sudah Pakai Deodoran

Jika ingin lebih irit menggunakan sepeda motor matic saat posisi stop n go ataupun di perkotaan, maka baiknya pengendara bisa mengatur putaran gas agar lebih halus dan jangan terlalu sering berkendara dengan memutar gas dengan tiba-tiba yang bisa menyebabkan bensin boros.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini