Nama Makanan dan Minuman Nusantara yang Namanya Bikin Otak Traveling: Dawet Jembut Kecabut

Nama Makanan dan Minuman Nusantara yang Namanya Bikin Otak Traveling: Dawet Jembut Kecabut

TERASBANDUNG.COM - Beragam makanan dan minuman khas nusantara yang tak diragukan lagi kelezatannya, disuguhkan dari setiap daerah dengan cita rasa yang bermacam-macam.

Makanan dan minuman sebagai ciri khas daerah kerap diberi nama menurut cara membuatnya, tempat pembuatannya, ataupun prosesnya.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia biasanya memberi nama cukup sederhana, bisa dari tampilan yang menyerupai bentuk tertentu, atau singkatan singkatan.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Lebih Boros Dibandingkan Motor Manual, Lakukan Trik Ini Biar Irit

Berikut nama-nama makanan dan minuman yang unik dari Nusantara:

1. Kue Tete

Kue tete merupakan sebuah makanan yang berasal dari Betawi atau nama lainnya dari kue ape, kadang disebut juga sebagai pancakenya pribumi atau serabi.

Bentuknya yang menonjol mirip dari bagian tubuh wanita, akhirnya orang Betawi sering menyebutnya dengan kue tete atau payudara wanita.

Kepopuleran kue ini masih bertahan sampai saat ini, bahkan tidak hanya bisa ditemukan di Betawi saja namun sudah banyak yang menjualnya di berbagai belahan Indonesia.

2. Mie Pentil

Jangan berfikiran ngeres dulu, diberi nama pentil karena bentuknya panjang dan memiliki tekstur yang kenyal dan lebih besar dibanding mie biasa, mirip seperti karet pentil pada ban sepeda.

Mie yang kenyal dan gurih ini salah satu ikon kuliner dari daerah Bantul, dan masih banyak ditemukan di daerah Yogyakarta.

3. Dawet Jembut Kecabut

Minuman ini mungkin terdengar sedikit atau . Namun nama itu ternyata diambil dari singkatan. Dalam arti sebenarnya jemput adalah rambut kemaluan dan kecabut ialaha tercabut dari akarnya.

Diberi nama jembut kecabut karena lokasinya berada di sebelah Timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Lalu disingkat menjadi Jembut Kecabut.

Baca Juga : Kaya Akan Vitamin, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

4. Ketupat Jembut

Ketupat jembut berasal dari daerah Semarang, yang berisikan sayur tauge atau kecambah ditambah sambal kelapa. Makanan ini biasanya ada saat momen syawalan dan dibagikan kepada anak-anak warga sekitar.

Bermula dari canddan dan plesetan warga Semarang, isian ketupatnya berupa tauge yang keluar dari cangkakang ketupatnya menyerupai rambut kemaluan, mereka menyebutnya dengan sebutan ketupat jembut.

5. Nasi Kentut

Makanan khas Medan ini merupakan perpaduan nasi yang dimasak dengan daun kentut dicampur rempah-rempah dan dibungkus daun pisang, memiliki aroma yang wangi.

Dinamai nasi kentut dikarenakan campuran nasi dengan daun kentut itu sendiri, daun kentut merupakan sejenis tumbuhan rambat yang memiliki aroma yang khas, di Pulau Jawa biasa dengan sebutan daun sembukan.

6. Kue Kontol Kejepit

Ngilu saat akan memakannya, lantaran namanya dan bentuknya yang sama dengan kemaluan pria yang terjepit.

Makanan manis ini bebentuk memamng menyerupai alat kelamin laki-laki yang terjepit sehingga dinamakan seperti itu. Nama makanan dengan rasa gurih dan manis itu sering juga disingkat menjadi tolpit.

Baca Juga : Beckham Putra Bakal Absen di Awal Persiapan Pramusim Persib Jelang Liga 1

7. Wedang Pejuh

Nama minuman tradisional khas Kudus ini berasal dari campuran bahan yang digunakan ialah jeruk pomelo, jahe, sereh, dan kental manis.

8. Memek

Terdengar seperti makanan ekstrim, namun bukan arti yang sebenarnya. Makanan ini berasal dari Pualu Simeuleu, Aceh.

Bentuk seperti bubur yang berbahan dasar pisang, beras ketan, dan santan. Dinamakan memek bermula dari kata mamemek yang berarti mengunyah beras, Konon nenek moyang di Aceh mengunyah-ngunyah beras ketan yang dicampur dengan pisang sehingga muncul istilah mamemek.

Itulah beberapa makanan dan minuman nusantara dengan nama yang membuat orang berfikiran aneh-aneh namun cita rasa dan ketenaran yang tidak diragukan lagi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Genta Mahesa

Berita Terkini