Mau Belanja Sepatu Online, Cek Dulu di Sini Cara Mengukur Kaki untuk Sepatu, Biar Gak Salah Beli

Mau Belanja Sepatu Online, Cek Dulu di Sini Cara Mengukur Kaki untuk Sepatu, Biar Gak Salah Beli Cara Mengukur Kaki untuk Sepatu. (Ist)

TERASBANDUNG.COM - Mau belanja Sepatu online, baiknya ketahui dulu cara mengukur kaki untuk sepatu, karena bagian ini sangat penting agar tidak salah memilih ukuran sepatu.

Terkadang, terdapat perbedaan size chart antar merek meskipun ukuran sepatunya sama. Beberapa jenis sepatu sebaiknya juga dipilih dengan menaikkan satu size dari ukuran biasa (upsize).

Selain itu, beberapa produsen sepatu juga ada yang memberikan pilihan ukuran berdasarkan satuan US dan UK.

Berbeda dengan ukuran sepatu di Indonesia yang biasanya dinyatakan dalam satuan angka (35-44).

Baca Juga : Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Agar tidak salah memilih ukuran sepatu saat belanja online, berikut cara mengukur kaki untuk sepatu yang bisa kamu lakukan!

Berikut cara mengukurnya.

Siapkan Alat: Untuk mengukur kaki, ada beberapa alat yang perlu disiapkan. Mulai dari selembar kertas, pena atau pensil, serta penggaris atau pita ukur.

Siapkan Kertas: Letakkan kertas di lantai, pastikan posisi kertas sudah sejajar dan tidak miring. Agar lebih mudah, kamu dapat meletakkan salah satu sisi kertas merapat dengan dinding.

Pastikan ukuran kertas cukup besar untuk menampung seluruh area telapak kaki.

Tempatkan Kaki di atas Kertas: Selanjutnya, kamu dapat berdiri dan menempatkan salah satu kaki di atas kertas.

Pastikan bagian tumit menyentuh bagian belakang kertas, atau menempel dengan dinding. Lakukan pengukuran secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.

Tandai Ukuran Kaki: Gunakan pensil atau pena untuk menandai ukuran kaki. Buat tanda di bagian terpanjang jari kaki kamu. Jari kaki terpanjang setiap orang bisa saja berbeda.

Pengukuran: Gunakan penggaris atau pita ukur untuk mengukur panjang telapak kaki. Pastikan kamu mengukurnya dalam satuan centimeter, karena kebanyakan produsen menggunakan satuan panjang tersebut.

Baca Juga : Punya Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor? Segera Lunasi Mumpung Ada Diskon Pajak di Jabar, Sebelum Jadi Bodong!

Tambahkan Ruang Gerak: Sebagai aturan umum, tambahkan sekitar 0,5 cm pada ukuran telapak kaki kamu.

Hal ini dilakukan untuk menambahkan sedikit ruang pada jari kaki. Ini penting untuk mencegah jari kaki lecet akibat menggunakan sepatu yang terlalu fit.

Lihat Tabel Ukuran Sepatu: Setelah mendapatkan hasilnya, kamu dapat mencocokannya dengan tabel ukuran sepatu yang disediakan oleh produsen. Pilihlah ukuran sepatu dengan size chart yang sesuai.

Setiap merek sepatu mungkin memiliki bentuk dan desain sepatu yang berbeda, sehingga merek yang satu mungkin lebih cocok untuk bentuk kaki kamu daripada merek yang lain.

Selain itu, beberapa jenis sepatu seperti sepatu gunung atau sepatu olahraga mungkin perlu dinaikkan ukurannya agar lebih nyaman.

Di Indonesia, pengukuran sepatu, pakaian, dan berbagai aksesori lainnya sering kali mengacu pada standar ukuran internasional.

Baca Juga : Harga Daging Ayam dan Cabai di Bandung Masih Tinggi, Ini Penyebabnya

Terdapat tiga versi ukuran internasional yang kerap digunakan, yakni versi UK (Inggris), US (Amerika Serikat), dan EU (Eropa).

Di Indonesia, ukuran sepatu umumnya merujuk pada sistem ukuran EU. Meski demikian, terdapat beberapa merek sepatu yang menggunakan ukuran US atau UK sebagai acuan.

Sejumlah brand asing cenderung menggunakan ukuran internasional US atau UK, sehingga perlu adanya konversi ke dalam ukuran EU demi memudahkan kamu dalam menentukan ukuran sepatu yang tepat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk selalu memeriksa panduan ukuran yang diberikan oleh produsen atau mengukur kaki terlebih dahulu. Selamat mencoba.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini