Persib Sudah Datangkan Pemain Asing Anyar, Bagaimana Dengan Pelatih Baru? Ini Bocorannya

Persib Sudah Datangkan Pemain Asing Anyar, Bagaimana Dengan Pelatih Baru? Ini Bocorannya Levy Madinda. (johorsoutherntigers.my)

TERASBANDUNG.COM - Tepat dihari terakhir penutupan bursa transfer kompetisi Liga 1 musim ini pada Kamis, 20 Juli kemarin, Persib mendapatkan pemain anyar.

Pemain asing tersebut didatangkan untuk menggantikan Tyronne Gustavo del Pino yang mengalami cedera dan harus menepi dari lapangan hijau dalam waktu cukup lama.

Pemain anyar Persib tersebut adalah gelandang berpaspor Gabon, Levy Clement Madinda. Dengan kehadirannya, Persib akan tetap mengarungi kompetisi dengan memenuhi kuota 6 pemain asing, 1 di antaranya dari Asia Tenggara.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pinjaman. Sebelum ke Persib, Madinda sempat dipinjamkan JDT ke Negeri Sembilan.

Selama setengah musim bersama Negeri Sembilan, Madinda tampil dalam 15 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 5 assist.

Baca Juga : Tujuh Toko Eiger Jadi Lokasi Donor Darah Serentak Arsenal Indonesia Supporters

"JDT meminjamkan pemain ini hingga bulan Desember 2023," kata Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

Meski masa peminjaman hanya sampai bulan Desember, Teddy berharap, kedatangan gelandang serang yang pernah berbaju Celta Vigo ini bisa memberikan performa yang baik dan maksimal selama masa peminjaman.

Selain JDT dan Negeri Sembilan, Madinda pertama kali berkiprah di Liga Malaysia bersama Sabah pada periode tahun 2021-2022. "Kita berharap, pemain ini bisa berkontribusi besar buat Persib," kata Teddy.

Sementara teka-teki siapa pelatih baru Persib, hingga kini masih belum terjawab. Manajemen tim pun masih belum mengumumkan siapa pelatih yang akan menggantikan Luis Milla di lanjutan Liga 1 musim ini.

Setelah pemain anyar Levy Clement Madinda, kabarnya, Persib akan segera mengumumkan pelatih anyar. Seperti dikatakan Komisaris Persib, Umuh Muchtar.

Terakhir disebutkan, sudah ada empat nama pelatih yang dibidik dan semuanya merupakan pelatih asing serta belum berpengalaman melatih di Indonesia.

Umuh masih merahasiakan nama-nama pelatih yang dibidik Persib karena semuanya masih dalam proses review oleh jajaran Komisaris dan Direksi PT Persib Bandung Bermartabat.

Baca Juga : 4 Nama Pelatih Asing Bidikan Persib, Umuh Muchtar Bocorkan Jadwal Kedatangan Pelatih Baru

"Sudah ada beberapa tapi nanti bagaimana dari manajemen yang akan terpilih. Asing semuanya juga. Kemarin yang disampaikan ke saya ada empat, ada empat kandidat," kata Umuh.

Sejumlah nama pelatih asing yang belum berpengalaman membesut tim di Indonesia, sempat dirumorkan jadi target Persib untuk menjadi suksesor Luis Milla.

Di antaranya eks pelatih tim junior Ajax Amsterdam, Harry Sinkgraven yang berpengalaman melatih di China dan sempat menangani klub Kanada, FC Edmonton.

Kemudian dua pelatih asal Korea Selatan, Kim Do-hoon yang terakhir melatih klub Singapura, Lion City Sailors dan eks pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo.

Selain ketiga pelatih tersebut, Persib juga pernah dikaitkan dengan pelatih asal Meksiko, Benjamin Mora. Eks pelatih Johor Darul Ta'zim itu, sempat santer dikabarkan dibidik Persib ketika Robert Alberts mundur pada musim lalu.

Umuh mengungkapkan, harapannya pelatih anyar yang menjadi pilihan direksi dan komisaris Persib bisa segera datang untuk memimpin skuad Maung Bandung di lanjutan Liga 1 musim ini.

Umuh pun menilai perlu ada klausul 'khusus' yang lebih mengikat untuk mencegah pelatih secara mendadak mundur tanpa alasan jelas. Jika tidak kuat dan tidak jelas, Umuh menegaskan, harus ada sanksi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini