5 Makanan yang Paling Cepat Merusak Gigi dan Gusi

5 Makanan yang Paling Cepat Merusak Gigi dan Gusi Cemilan keripik. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Beberapa jenis makanan ternyata juga bisa merusak kondisi gigi, Kira-kira apa saja ya jenis makanan yang dapat merusak kondisi gigi?

Kebiasaan buruk, seperti malas menyikat gigi atau tidak rutin ke dokter gigi, memang dapat merusak kondisi kesehatan gigimu.

Namun tidak hanya itu, beberapa jenis makanan yang Kamu konsumsi juga sangat berisiko merusak gigi.

Berapapun usia seseorang, gigi tetap bisa mengalami kerusakan jika lalai dirawat dengan baik. Jadi, tidak benar jika berasumsi bahwa hanya anak kecil yang bisa mengalami kerusakan gigi.

Baca Juga : Soal Nomor Punggung, Levy Madinda: Saya Suka 92, Tapi di Persib, Saya Ingin Pakai Nomor 15

Faktanya orang dewasa juga mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi. Jika terlalu sering melahap makanan yang merusak gigi, konsekuensinya adalah plak dan bakteri yang bisa merusak struktur gigi.

Menyadur dari laman Tanya Pepsodent, berikut 5 jenis makanan yang dapat merusak gigi dan harus dihindari sebisa mungkin, atau minimal dilanjuti dengan membersihkan gigi dengan seksama:

1. Keripik Kentang

Mengunyah keripik kentang memang kegiataan ngemil yang asyik. Tetapi tahukah kalau snack ini ternyata salah satu makanan yang merusak gigi?

Keripik kentang terbuat dari bahan utama tepung pati yang akan berubah bentuk menjadi gula saat dikunyah dalam mulut.

Sisa gula yang tersisa pada sela-sela gigi akan jadi makanan utama bagi bakteri di plak. Karena seseorang cenderung mengkonsumsi keripik kentang dalam jumlah banyak, maka potensi kerusakan gigi juga semakin meningkat.

Tidak hanya keripik kentang yang jadi makanan yang dapat merusak gigi, makanan yang banyak mengandung tepung pati seperti roti, pasta, biskuit dan sebagainya juga sama.

Berbahan karbohidrat sederhana, hindari jenis makanan yang mudah berubah bentuk menjadi gula dan merusak gigi.

Baca Juga : Kembalinya Asian African Festival 2023 Disambut Meriah Ribuan Warga

2. Buah Kering

Buah-buahan seperti apel terkenal sehat untuk gigi karena efektif merangsang liur yang membersihkan gigi. Tetapi tidak semua jenis buah sama, karena buah kering termasuk jadi salah satu makanan yang merusak gigi.

Buah kering sering sudah diolah dengan tambahan gula sebagai bahan pengawet. Selain itu teksturnya yang lengket juga memperburuk efek pada kesehatan gigi.

Kombinasi gula dan lengket ini berarti bakteri bisa tertinggal lebih lama di permukaan gigi, sehingga bakteri bisa semakin berkembang biak.

3. Permen Asam

Permen asam sering jadi cemilan populer bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Bentuknya berwarna-warni dengan rasa asam manis yang enak.

Tapi, harus berhati-hati karena permen asam juga adalah makanan yang merusak gigi.

Ini karena permen asam mengandung gula dan juga kadar asam yang tinggi. Makanan yang mengandung asam tinggi berpotensi mengakibatkan erosi atau pengikisan lapisan pelindung gigi (enamel).

Kadar pH permen asam berada pada sekitar angka 5, sedangkan ketahanan enamel ada pada kadar asam pH 4. Jadi, saatnya berpikir dua kali sebelum mengkonsumsi makanan yang merusak gigi ini.

4. Popcorn

Terbuat dari jagung yang dipanaskan pada suhu tinggi, popcorn sebenarnya adalah jenis snack sehat yang cocok untuk berbagai usia.

Namun, popcorn sering jadi makanan yang dapat merusak gigi karena 2 hal : risiko sisa makanan terperangkap di sela-sela gigi dan biji jagung yang keras/ tidak matang.

Akibatnya, terjadi penimbunan makanan dan risiko gigi patah saat tidak sengaja mengunyah bagian yang keras.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Pertandingan Pekan Keenam Liga 1 2023-2024 dan Live Televisi

5. Es Batu

Es batu memang sejatinya terbuat dari air putih yang baik bagi kesehatan. Rasanya dingin dan garing yang bikin siapapun betah mengunyahnya seharian.

Tapi, es batu bisa jadi salah satu contoh makanan yang dapat merusak gigi karena teksturnya yang keras tersebut.

Sering mengunyah es batu bisa merusak lapisan enamel dan juga mengakibatkan resiko gigi retak atau patah. Jadi, sebaiknya es batu digunakan untuk mendinginkan minuman, tetapi tidak untuk dijadikan bahan cemilan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini