4 Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Rentan Berjerawat

4 Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Rentan Berjerawat Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Rentan Berjerawat. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Apakah jerawat yang muncul itu disebabkan karena jarang membersihkan muka atau membersihkan wajah secara berlebihan, polusi, dan makeup yang dipakai sehari-hari?

Apakah jerawat yang muncul itu disebabkan karena jarang membersihkan muka atau membersihkan wajah secara berlebihan, polusi, dan makeup yang dipakai sehari-hari?

Dalam artikel ini dibahas bagaimana cara perawatan jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Memiliki kulit yang rentan berjerawat memang perlu ekstra hati-hati dan kesabaran saat merawatnya. Salah memilih produk skincare bisa menyebabkan jerawat semakin parah dan meradang.

Berikut ini 4 cara perawatan jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersihkan wajah setiap hari

Umumnya kulit yang berjerawat cenderung memiliki karakterikstik kulit berminyak. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak berlebihan saat mencuci wajah.

Dalam sehari cuci wajah Anda dua kali menggunakan pembersih wajah berbahan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang mengandung salisilat karena bahan ini dapat mengatasi jerawat, komedo, hingga kulit berminyak.

2. Hindari kandungan skincare tertentu

Beberapa komposisi produk skincare pada kulit berminyak dan berjerawat dapat menimbulkan masalah atau ketidakcocokan.

Kandungan-kandungan yang sebaiknya dihindari pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat di antaranya, yaitu parfum karena bisa membuat kulit semakin meradang dan iritasi.

Kandungan alkohol juga dapat menjadikan kulit lebih kering dan iritasi, serta minyak kelapa dan cocoa butter yang dapat menyumbat pori-pori di wajah, sehingga memicu munculnya jerawat.

3. Gunakan pelembap dan obat jerawat

Ada yang menganggap bahwa kulit berminyak dan berjerawat tidak dianjurkan menggunakan pelembap. Faktanya, tetap perlu pelembap untuk menjaga dan merawat kulit wajah. Pilihlah produk dengan tekstur gel dan berbahan dasar air supaya tidak terlalu berat di kulit.

Selanjutnya, aplikasikan obat jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat setelah menggunakan pelembap.

Selain obat jerawat juga bisa menutup jerawat yang meradang dengan acne patch untuk meminimalisir jerawat bertambah parah.

4. Lakukan pola hidup sehat

Kesehatan kulit tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup sehat. Istirahat cukup menjadi salah satu cara untuk menjaga produksi hormon kortisol atau hormon stres supaya tidak memicu timbulnya jerawat.

Selain itu pastikan juga asupan nutrisi Anda terjaga dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bergizi.

Bagi Anda yang sedang mencari tips kecantikan wajah berminyak, hindari makanan dengan glikemik tinggi, seperti nasi, mie instan, dan makanan manis yang bisa memperbesar kelenjar minyak dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini