6 Penyebabnya Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda, Nomor 5 Banyak yang Tak Menyangka

6 Penyebabnya Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda, Nomor 5 Banyak yang Tak Menyangka

TERASBANDUNG.COM - Saat ini banyak remaja sudah mulai muncul uban, apa penyebabnya. Yuk simak di sini penjelasan lengkapnya.

Rambut berubah warna menjadi putih alias uban tentunya hal yang normal apalagi seiring bertambahnya usia seseorang.

Namun, rambut beruban menjadi hal yang serius bagi generasi muda saat ini, bahkan bisa meningkatkan rasa kurang percaya diri.

Baca Juga : Pemkot Bandung Juara II Asset Award 2023 Jabar, Ridwan Kamil Bilang Gini...

Karena itu, ketahui dulu 6 penyebab rambut beruban di usia yang masih muda seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Keturunan dan Genetika

Rambut beruban dapat disebabkan oleh faktor gen atau keturunan. Hal ini dikarenakan gen terdiri dari DNA yang dapat memengaruhi perubahan warna rambut.

2. Stres

Rambut beruban juga dapat disebabkan oleh hipertensi, stres, dan kecemasan. Bermula dari rambut menjadi rontok, lalu saat tumbuh dia akan berwarna putih atau uban.

3. Polusi

Pencemaran lingkungan dapat membuat folikel rambut menjadi lemah. Apalagi orang yang tinggal di perkotaan dan cenderung menghadapi polusi udara yang buruk di setiap harinya.

4. Kurang Vitamin

Rambut beruban juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin, seperti Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E, serta Zat Besi dan Seng. Apabila rambut tidak memiliki cukup vitamin, juga akan mengakibatkan rambut menjadi rontok.

Baca Juga : Usung Konsep Waste to Energy, Konsorsium Perusahaan Jepang Bakal Kelola TPPAS Legok Nangka

5. Merokok

Dalam sebuah studi penelitian, rambut beruban dan merokok menunjukkan hubungan yang signifikan bagi semua kelompok umur. Jadi, bagi kamu yang perokok dan menginginkan rambut tidak cepat beruban, maka kurangi merokok.

6. Kondisi Medis

Penyakit autoimun dapat membuat rambut seseorang menjadi berubah. Salah satunya adalah Alopecia Areata, gangguan kulit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala, wajah, dan area tubuh lainnya, juga dikaitkan dengan rambut putih.

Hal ini dikarenakan kurangnya melanin, sehingga rambut cenderung menjadi putih ketika tumbuh.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini