Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan, Jangan Pernah Menyepelekannya Karena Kesibukan

Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan, Jangan Pernah Menyepelekannya Karena Kesibukan Ilustrasi. Makan setelah mandi. (Freepik)

TERASBANDUNG.COM - Sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian, jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan.

Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia.

Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi.

Seperti dikutip dari Kementerian Kesehatan, sarapan tidak hanya sekedar menghilangkan rasa lapar di pagi hari sebelum beraktivitas.

Baca Juga : 10 Kota di Indonesia dengan Tingkat Polusi Tertinggi, Salah Satunya Kota Bandung

Sarapan merupakan kebutuhan tubuh yang seharusnya dipenuhi mengingat dalam waktu sekitar 6 jam saat seseorang tidur tidak mengkonsumsi makanan.

Dengan mengkonsumsi sarapan akan dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, serta menganalisis sesuatu.

Sarapan pagi juga mempengaruhi kerja otak lewat dua mekanisme, yaitu meningkatkan efisiensi proses berpikir serta menyediakan zat gizi yang esensial bagi sistim saraf pusat.

Sarapan yang dilakukan dengan rutin juga terbukti membawa pengaruh positif terhadap metabolisme tubuh.

Rutinitas sarapan juga menjamin terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh.

Tips Sarapan Pagi

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, anda harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Berikut adalah tipsnya.

Sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan. Makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan.

Baca Juga : Kesal Halaman Rumah Sering Dipakai Kucing Liar Buang Air Besar, Segera Lakukan Cara Ini Untuk Mencegahnya

Makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan. Hindari makan terlalu banyak

Berikut adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi: Susu, Telur, Roti, Sayuran, Sedikit nasi.

Kandungan makanan yang anda asup saat pagi hari akan mengawali hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini