13 Kumpulan Doa-doa Mustajab Dalam Islam yang Bikin Keinginan Terkabul

13 Kumpulan Doa-doa Mustajab Dalam Islam yang Bikin Keinginan Terkabul Ilustrasi orang berdoa. (Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Setiap hamba diperintah untuk selalu berdoa kepada Allah. Karena doa adalah bentuk komunikasi seorang manusia kepada penciptanya, dan Allah akan senantiasa mengabulkan doa hamba-Nya.

Rasulullah bersabda, “Tidak ada yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalam Al Quran, ada doa-doa yang diajarkan Allah kepada kita. Sebagian besar merupakan doa lantunan para utusan Allah.

Kita bisa membaca doa-doa tersebut untuk mendapat kemudahan di dunia dan akhirat.

Doa mustajab dalam Islam juga penting untuk diketahui. Meskipun tidak menjamin bakal langsung terkabul, akan tetapi, Anda bisa berusaha dengan semaksimal mungkin memanjatkan doa-doa yang mustajab dalam Islam.

Baca Juga : Wow, Ternyata Warisan Alam Terbesar Dunia Ada di Indonesia

Selain itu, Allah juga memerintahkan kita untuk selalu memanjatkan doa kepada-Nya.

Maka dari itu, di bawah ini adalah 13 doa mustajab dalam Islam yang bikin keinginan terkabul dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa Mohon Kebaikan Dunia Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: "Rabbana atinaa fiiddunyaa hasanah wa fil akhirati hasanah, waqinaa adzaabannaar."

Artinya: "Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).

2. Doa Diberi Keteguhan Iman

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin: Rabbanā lā tuzigh qulụbanā ba'da idż hadaitanā wa hab lanā mil ladunka raḥmah, innaka antal-wahhāb

Artinya :"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi."

3. Doa Agar Husnul Khatimah (Akhir yang Baik)

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ۚ رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ

Latin: Rabbanā innanā sami'nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminụ birabbakum fa āmannā rabbanā faghfir lanā żunụbanā wa kaffar 'annā sayya`ātinā wa tawaffanā ma'al-abrār

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang yang berbakti.

4. Doa Mohon Perlindungan

رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِى بِهِۦ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Latin: Rabba inna a'ụżu bika an as`alaka mā laisa lī bihī 'ilm, wa illā taghfir lī wa tar-ḥamnī akum minal-khāsirīn

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi"

5. Doa Permohonan Ampunan

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ

Latin: Rabbanaghfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb

Artinya: Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Baca Juga : Tidur Nyenyak Bisa Kurangi Risiko Kematian Hingga 40 Persen, Ini Rekomendasi Tidur yang Baik Menurut Studi

6. Doa Diberikan Kelapangan Hati dan Permudah Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin: Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

7. Doa Mohon Diberikan Kelimpahan Rezeki

رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Latin: Rabbanā anzil 'alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā 'īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam minka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn

Artinya: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama"

8. Doa Nabi Adam Alaihis Salam

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Latin: Rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a).

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS Al-A'raf: 23)

9. Doa Nabi Ibrahim Alaihis Salam

رَبَّنَآ اِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِيْ وَمَا نُعْلِنُۗ وَمَا يَخْفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ

Latin: Rabbanā innaka ta'lamu mā nukhfī wa mā nu'lin(u), wa mā yakhfā 'alallāhi min syai'in fil-arḍi wa lā fis-samā'(i).

Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit." (QS Ibrahim: 38)

10. Doa Nabi Nuh Alaihis Salam

رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Latin: Rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn(a).

Artinya: "Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat." (QS Al-Mu'minun: 29)

11. Doa Nabi Yusuf Alaihis Salam

رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa 'allamtanī min ta'wīlil-aḥādīṡ(i), fāṭiras-samāwāti wal-arḍ(i), anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah(ti), tawaffanī muslimaw wa alḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn(a).

Artinya: "Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh." (QS Yusuf: 101)

Baca Juga : Setelah Tegalega dan Pasir Biru, Pemkot Bandung Terpaksa Buat Lagi TPS di Gedebage

12. Doa Nabi Luth Alaihis Salam

رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ

Latin: Rabbi najjinī wa ahlī mimmā ya'malūn(a).

Artinya: "Wahai Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa yang mereka perbuat." (QS Asy-Syuara: 169)

13. Doa Nabi Yunus Alaihis Salam

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Latin: Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn(a)

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim." (QS Al-Anbiya: 87).***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini