Telkom Dorong Digitalisasi Pengelolaan Sekolah di Bandung Barat lewat Pijar Sekolah dan by.U

Telkom Dorong Digitalisasi Pengelolaan Sekolah di Bandung Barat lewat Pijar Sekolah dan by.U

TERASBANDUNG.COM - TelkomGroup bersinergi demi mewujudkan kualitas pendidikan dan pelajar yang memiliki daya saing.

Melalui Pijar Sekolah dan by.U, puluhan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru tingkat SMA dan sederajat menghadiri diseminasi bertajuk "Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Melalui Pijar Sekolah dan by.U" yang digelar pada Rabu 6 September 2023 di Telkom Corporate University Center.

Kegiatan tersebut, dihadiri Executive Vice President Telkom Jawa Barat Saiful Hidajat, Vice President Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu, Senior General Manager Telkom Corporate University Center Jemy Vestius Confido, Vice President Synergy Candra Kusuma Wardhana, Rizal Alamsyah, M.Pd selaku perwakilan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), puluhan kepala sekolah beserta wakil dan guru dari sekolah tingkat SMA di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Saiful Hidajat, Executive Vice President Telkom Jawa Barat menegaskan komitmen Telkom Group dalam membantu menyiapkan digital talent yang berdaya saing tinggi melalui berbagai produk maupun program yang dimiliki Telkom.

“Sekarang sudah zamannya anak-anak kita dipersiapkan menjadi digital talent yang kompetitif sehingga tidak kalah saing,” kata Saiful.

Saiful Hidajat mengharapkan sinergi ini dapat memberikan dampak yang baik bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia dan di Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat juga Kota Cimahi khususnya.

"Kedepannya bukan hanya Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat juga Kota Cimahi saja tapi seluruh sekolah di Indonesia saya berharap akan bisa terus didukung oleh Telkom Group demi ciptakan pendidikan yang baik,” katanya.

Samuel Pasaribu, Vice President Area Account Management Telkomsel juga menyatakan dukungannya. Menurutnya, sinergi Telkom Group ini merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut.

“Dalam implementasinya Telkomsel juga turut menyiapkan berbagai produk dan layanan yang senantiasa menemani generasi muda kita salah satunya dengan hadirnya by.U,” kata Samuel.

Diseminasi ini bertujuan untuk memperkenalkan Pijar Sekolah dan by.U sebagai produk yang dapat membantu digitalisasi pengelolaan sekolah.

Tidak hanya itu dalam kesempatan ini juga Telkom dan Telkomsel mengesahkan kontrak bersama SMPN 1 Kutawaringin dan SMKS Al Falah yang menggunakan Pijar Sekolah dan by.U dalam pengelolaan sekolahnya.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang menarik dan menyenangkan.

Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya, yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

Pijar Sekolah juga hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dapat dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (USBA). Selain itu, pengelolaan administrasi, operasional sekolah, serta manajemen sekolah dapat dikelola pula melalui fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah dari Pijar Sekolah.

Sementara by.U merupakan produk digital telco pertama yang menyediakan pengalaman digital end-to-end bagi segmen Gen Z di Indonesia. Mengusung tagline “Semuanya Semaunya”, by.U didesain khusus sesuai dengan karakter dan kebutuhan para digital savvy.

Pengalaman digital end-to-end yang by.U hadirkan meliputi seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. Kuota internet by.U dapat digunakan pengguna dengan bebas selama 24 jam, di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G).

Rizal Alamsyah, perwakilan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah menyampaikan hal ini adalah kerja sama yang baik dalam mewujudkan kegiatan belajar dan mengajar yang terintegrasi demi menyiapkan masa depan generasi yang unggul.

“Saat ini sudah banyak sekolah di Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat dan Kota Cimahi yang menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan sekolah sehingga terintegrasi dan dapat dimonitor dengan baik oleh Kepala sekolah, guru hingga orang tua murid,” terangnya.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini