Tanpa 8 Pemain Inti, Persib Tetap Tancap Gas Lakukan Persiapan Hadapi Persikabo

Tanpa 8 Pemain Inti, Persib Tetap Tancap Gas Lakukan Persiapan Hadapi Persikabo Latihan Persib yang digelar di Lapangan Sidolig, Kamis 10 Agustus 2023. (Adam Husein/RepublikBobotoh.com)

TERASBANDUNG.COM - Pekan ke 11 Liga 1 musim ini telah berakhir. Madura United masih kokoh di posisi teratas klasemen sementara dengan 23 poin setelah menaklukkan Persita Tangerang.

Dua tim kalimantan masih membayangi Madura United. Yakni Barito Putera yang di pekan ke 11 sukses meraih 3 poin menaklukan Persis Solo.

Namun Borneo FC gagal meraih tambahan poin karena kalah dari Persebaya Surabaya.

Sejumlah tim elit, tampaknya masih belum bisa tembus ke 5 besar. Bahkan Persib dan Persija, di pekan ke 11 hanya bisa berbagi 1 angka setelah El Clasico berakhir imbang 1-1.

Baca Juga : Lewat Kehadiran OPPO Reno10 5G, OPPO Dukung Insan Kreatif Kota Bandung

Persib dan Persija belum beranjak dari posisi di pekan ke 11. Maung Bandung berada di posisi 11 dengan 15 poin, dan Persija di posisi 12 dengan 14 poin.

Arema FC juga masih belum keluar dari zona degradasi. Hanya Persebaya yang mulai mendekati posisi 5 besar.

Bajul Ijo di posisi ke 6 dengan 18 poin. Perolehan poin sama dengan PSIS Semarang yang berada di posisi ke 5.

Ketatnya persaingan di tangga klasemen Liga 1 musim ini, membuat Persib mesti terus tancap gas untuk persiapan laga selanjutnya melawan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada 16 September mendatang.

Skuad Maung Bandung kembali menjalani latihan rutinitas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, pada Rabu 6 September kemarin, usai tim diliburkan selama tiga hari.

Libur tiga hari yang diberikan kepada pemain juga tak lepas dari masa jeda kompetisi karena ada agenda FIFA Matchday, sehingga Kompetisi Liga 1 diistirahatkan sementara waktu.

Baca Juga : Wow, Ternyata Warisan Alam Dunia Terbesar Ada di Indonesia

"Setelah tiga hari libur tidak ada pemain yang mengalami cedera serius. Memang ada beberapa benturan dilaga sebelumnya tapi semuanya berlatih dengan normal hari ini," kata Bojan Hodak.

Striker andalan Persib David da Silva pun sudah tidak merasakan keluhan apapun setelah sempat mengalami cedera pada lututnya hingga hanya bermain 15 menit lawan Persija Jakarta.

Begitu juga dengan Febri Hariyadi. Pemain sayap Maung Bandung yang sempat absen beberapa pertandingan itu sudah terlihat bergabung latihan seperti biasa bersama rekan-rekannya di tim.

"Jadi saya rasa semua dalam kondisi fit. Namun kami harus kehilangan banyak pemain ke tim nasional. Jadi kami tanpa enam pemain bahkan lebih di tengah persiapan laga nanti dan tentunya kami tidak beruntung," tutur Bojan Hodak.

Sebanyak delapan pemain Persib memang terpanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia, lima di antaranya untuk persiapan laga FIFA Matchday seperti Marc Klok, Rachmat Irianto, Ryan Kurnia, dan Edo Febriansyah.

Lalu Daisuke Sato memperkuat Timnas Filipina untuk menggelar uji coba. Kemudian Beckham Putra Nugraha, Kakang Rudianto, dan Robi Darwis untuk persiapan babak kualifikasi Piala Asia U-23.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Makan yang harus Dihindari saat Bekerja

Meski begitu, pelatih berpaspor Kroasia itu tetap fokus mempersiapkan skuatnya untuk menghadapi pertandingan di Liga 1 musim ini meski minus beberapa pemain andalannya.

Bojan Hodak pun sudah menyiapkan rencana di jeda internasional kali ini. Namun ia memastikan tidak akan menggelar laga uji coba.

"Idealnya kami beruji coba karena pertandingan masih lama. Tapi saya tidak akan menggelar uji coba karena kami tidak cukup memiliki pemain."

"Tapi kami akan coba memantau beberapa pemain junior untuk berlatih bersama tim utama. Kami akan lihat, semoga ada dari mereka yang bisa membuat kami terkesan dan bisa dibawa ke tim utama," kata Bojan Hodak.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini