Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Butuh Waktu 41 Menit, Warga Bandung Bisa Dapatkan Tiket Gratis

Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Butuh Waktu 41 Menit,  Warga Bandung Bisa Dapatkan Tiket Gratis Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpose di depan lokomotif Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu 13 September 2023. Foto: Biro Pers Setpres

TERASBANDUNG.COM - Pertama kalinya Presiden Joko Widodo menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), pada Rabu 13 September 2023.

Presiden pun mengajak sejumlah public figure dalam uji coba operasional kereta cepat kali ini. Presiden Jokowi

Bersama sejumlah menteri, selebriti, dan wartawan, Presiden Jokowi berangkat berangkat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang, Bandung Barat, cuma butuh waktu kurang lebih 41 menit.

Sedangkan waktu tempuh Jakarta-Bandung dengan kereta api reguler atau bus rata-rata sekitar 2,5 jam.

Dalam keterangannya sesudah menumpang kereta cepat pertama di Indonesia, Jokowi merasa senang karena kenyamanan serta kecepatannya.

Baca Juga : Begini Respon Plh Wali Kota Bandung Soal Lagu Halo-halo Bandung Dijiplak Malaysia

Kepala Negara bilang, walau pun kereta melaju dengan kecepatan maksimal 350 km/jam, para penumpang masih merasa nyaman.

“Nyaman, Ini kan juga dibuat di RRT dan pada kecepatan tadi 350 km/jam tidak terasa sama sekali, baik saat duduk mau pun saat berjalan. Sehingga, inilah peradaban, kecepatan,” kata Jokowi usai mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Rabu 13 September 2023.

Jokowi mengatakan kereta cepat yang ada di Indonesia menggunakan teknologi yang sama seperti kereta cepat di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China.

Menurutnya, pihak China sudah ahli dalam hal tersebut. "Itu tidak hanya 10-20 kilo, sudah 48 ribu kilometer. Mereka kan expert di situ," ujarnya.

Sebagai informasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dibuat oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang merupakan perusahaan patungan antara konsorsium Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium perusahaan perkeretaapian Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co.Ltd.

Presiden berharap kehadiran kereta cepat bisa meningkatkan minat masyarakat beralih dari kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Menurutnya, hal tersebut penting untuk mengurangi kemacetan serta polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Baca Juga : Pemkot Bandung Bangun Lagi Kolam Retensi Ke-10 di Babakan Ciparay, Mampu Tampung 716 Meter Kubik Air

“Karena setiap tahun kita rugi karena macet di Jabodetabek dan Bandung yang kalau dihitung sudah lebih dari Rp100 triliun,” paparnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, peresmian operasional kereta cepat tersebut rencananya bulan Oktober 2023.

Tapi, Presiden menyerahkan sepenuhnya waktu peresmian kepada manajemen Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Mengenai tarif, Jokowi menyebut akan ditentukan lewat proses kalkulasi yang matang supaya harganya tetap terjangkau walau tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

“Nanti yang menentukan manajemen Kereta Cepat sesudah konsultasi dengan Kementerian Perhubungan,” katanya.

Presiden Jokowi pun memastikn, masyarakat dapat menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada awal Oktober 2023, setelah proyek nasional itu diresmikan.

"Kita harapkan masyarakat bisa menggunakan kereta cepat ini, nanti mulai awal Oktober," ujar Jokowi.

Namun, pihaknya belum memastkan tanggal pastinya,

"Iya (persemian tanggal 1) awal Oktober, tapi yang menentukan tetap dari manajemen kereta cepat. Saya sampaikan inginnya Oktober," katanya.

Baca Juga : Selain Indonesia, Ini Daftar 15 Negara yang Lolos ke Piala Asia U-23 2024 Qatar

Untuk mendapatkan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung terdapat prosedur pendaftarannya. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan segera mengumumkan prosedur pendaftarannya.

Lantas, bagaimana cara dapatkan tiket gratis tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) itu?

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa Eva mengatakan, setelah diumumkan secara resmi, masyarakat bisa mendapakan tiket secara mandiri di wesbite atau media sosial KCIC.

"Jadi nanti kami akan mengumumkan secara resmi untuk mekanismenya, terkait bagaimana masyarakat bisa mendapatkan tiket secara mandiri. Yang pasti akan kita umumkan di website kami, kemungkinan di media sosial kereta cepat," kata Eva.

Adapun berikut ini link resmi KCIC yang kemungkinan dijadikan tempat pendaftaran secara online dan informasi untuk mendapatkan tiket gratis kereta cepat. Klik di sini Website Resmi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini