Pacu Jumlah Digital Talent, Telkom Jabar Gandeng Sekolah di Bandung Raya lewat Ekosistem Digitalisasi Sekolah

Pacu Jumlah Digital Talent, Telkom Jabar Gandeng Sekolah di Bandung Raya lewat Ekosistem Digitalisasi Sekolah

TERASBANDUNG.COM - PT Telkom Indonesia Tbk mendorong penambahan jumlah generasi muda talenta digital di Indonesia dengan memberikan dukungan dalam program ekosistem digitalisasi sekolah.

Hal ini, salah satunya ditandai dengan penandatanganan kerja sama Telkom Witel Bandung dengan lima Sekolah di Bandung Raya, yakni SMK Inovasi, SMK LPPM, SMK Al-Ma’mun, SMK Baabul Kamil dan SMP 1 Cimalaka.

Peresmian Kerja Sama Telkom Group dengan Sekolah Bandung Raya dalam Ekosistem Solusi Digitalisasi Sekolah ini digelar di Ruang Metanesia Telkom Graha Merah Putih, Jalan Japati Kota Bandung, Kamis 14 September 2023.

EVP Telkom Regional III Jawa Barat Syaiful Hidajat menjelaskan, Telkom Group memandang penting dalam mempersiapkan generasi muda yang melek digital, karena pada 2030 Indonesia menghadapi bonus demografi.

"Salah satu misi Telkom Group adalah menyiapkan talenta digital di indonesia supaya generasi muda kita tidak hanya menjadi pasar di industri teknologi ini, tetapi menjadi pelaku," paparnya di sela-sela penandatanganan kerja sama.

Dia menjelaskan, sebagai salah satu BUMN, Telkom Group akan mengambil peran dalam meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia.

Telkom Group, lanjutnya, memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung pengembangan ekosistem literasi dan numerasi dalam bidang pendidikan dan edukasi.

Dengan dukungan sumberdaya yang cukup, baik infrastruktur jaringan, perangkat ICT, aplikasi, maupun konten, Telkom merupakan partner yang sangat kompeten untuk membantu menyediakan solusi untuk bidang pendidikan.

Dia menjelaskan Telkom Group hadir melalui produk Indibiz sebagai solusi ekosistem digitalisasi dunia pendidikan. Telkom juga memiliki produk Pijar Sekolah sebagai solusi pengelolaan sekolah secara digital. Selain itu, Telkom memiliki berbagai produk Kelas Industri Digital (KiDi) diantaranya adalah KiDi Internet of Things (IoT), Multimedia dan Laboratorium Fiber Optic. Tersedia juga byU dari Telkomsel sebagai solusi pendukung konektivitas mobile.

"Dengan adanya kerja sama ini, Telkom senantiasa mendukung sekolah-sekolah untuk memiliki siswa-siswa yang memiliki kompetensi yang unggul dan mempunyai daya saing tinggi di industri. Telkom akan memberikan kesempatan bagi siswa-siswa di sekolah tersebut untuk melaksanakan magang dan kerja praktek di Perusahaan yang tergabung di Telkom Group," paparnya.

Selain itu, Telkom juga membantu guru-guru dan siswa-siswa di sekolah yang telah bekerja sama untuk mendapatkan sertifikasi dalam jumlah tertentu sehingga memiliki keahlian-keahlian yang telah teruji dan tersertifikasi.

Raindra, Kepala SMK 2 LPPM RI Majalaya menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, di era digitalisasi ini, semua SMK tentu akan berkaitan dengan teknologi.

"Kami mengharapkan kerja sama ini berkelanjutan, karena kita akan berhadapan dengan masa dimana digitalisasi menjadi yang utama," katanya.

Dia juga mengharapkan kerja sama ini akan menghasilkan lulusan yang kreatif dan berinovasi tinggi lewat fasilitas yang mumpuni lewat kerja sama ini.

Penulis: Dadi Mulyanto | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini