Pesona Nirwana Waterpark, dari Bekas Galian C Jadi Kawasan Wisata Eksotis

Pesona Nirwana Waterpark, dari Bekas Galian C Jadi Kawasan Wisata Eksotis Pesona Nirwana Waterpark.

TERASBANDUNG.COM - Tak jauh dari Kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung, ada satu tempat wisata yang unik nan eksotis bernama Pesona Nirwana Waterpark.

Unik, karena tempat rekreasi tersebut dibangun di lahan bekas area penambangan Galian C. Eksotis, karena dipagari tembok alami yang tersusun atas bidang-bidang bebatuan andesit.

Pesona Nirwana Waterpark berada di sebagian wilayah Kampung Ciwangsa dan Kampung Legok Jeungjing, Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Wisata kolam renang yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan ini memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi dengan wahana dan fasilitas lengkap.

Baca Juga : Tiga Bulan Kekeringan, Warga Cangkuang Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Terkait awal mula dibangunnya Pesona Nirwana Waterpark, Soni yang merupakan pelaksana harian di kawasan wisata tersebut angkat bicara. Menurut dia, semua berawal pada sekitar 16 tahun lalu.

"Jadi saat itu pemilik lokasi ini datang ke sini. Sebagai penduduk asli Soreang, mereka merasa prihatin dengan kondisi lokasi tersebut," kata Soni, Minggu (1/10/2023) sore.

Keprihatinan tersebut, lanjut Soni, dari sisi lahan yang masih merupakan Galian C. Di sisi lain, lanjut dia, pada radius 5 Km di Kabupaten Bandung tidak boleh ada Galian C.

"Hanya dengan berbagai kebijakan cara menangani itu baik ibu sama bapak, pelan-pelan membeli lahan ini. Tujuannya, menyelamatkan kawasan dari sisi lingkungan," ujar Soni.

Saat lahan tersebut sudah terbeli, kata Soni, belum terpikir hendak dijadikan apa. Kala itu, lanjutnya, yang terpikir baru membangun kawasan taman.

Baca Juga : Modus Baru, Pria di Kabupaten Bandung Edarkan Sabu lewat Balon Tiup

"Setelah terbeli, kita rencanakan ini menjadi sebuah kawasan taman. Kita belum berbicara waterpark. Dalam perkembangannya akhirnya dibuatlah konsep waterpark," terang Soni.

Pesona Nirwana Waterpark adalah satu bentuk konsep wisata yang mengintegrasikan waterpark dengan alam. Makanya, lanjut Soni, tidak ada jeda antara alam dengan area wisata.

"Arsitekturnya kita buat sedemikian rupa. Lebih menyatukan konsep lingkungan alam dengan tata kelola lingkungan yang ada, karena niat awalnya juga ingin menyelamatkan lingkungan," ujar Soni.

Dulu, kata Soni, sebelum Pesona Nirwana Waterpark dibangun, tempat tersebut gelap gulita karena tidak memiliki lampu penerangan.

"Dulu orang jam 7 malam lewat sini ngeri, dengan kondisi bekas galian. Tidak ada lampu, orang lewat juga. Tapi sekarang kan lewat sini aman," kata Soni.

Baca Juga : Melongok Kampung Boneka Sayati Kabupaten Bandung yang Kini Mulai Menggeliat

Lebih lanjut Soni mengatakan, dinding waterpark merupakan asli bentang alam dengan panjang kurang lebih 674 meter dan tinggi 90 derajat.

"Kondisi dari awal sudah begini, kita gak bisa ngapa-ngapain. Kita hanya bagaimana men-touch arsitektur di sini menyatu dengan bentang alam," ujar Soni.

Konsep wisata Pesona Nirwana Waterpark adalah one stop service. Di sana ada bungalo yang disewakan ke umum, wahana air, kebun anggur dan strawberry petik sendiri. Ada pula kolam pancing, ruang pertemuan, dan empat lapangan gateball dengan standar kejuaraan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini