Cara Meminta Maaf yang Baik dan Benar Dalam Islam

Cara Meminta Maaf yang Baik dan Benar Dalam Islam Ilustrasi sukses mencari kerja di job fair. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Sebagian orang menganggap meminta maaf melukai ego mereka, karena itu bagi sebagian orang meminta maaf bukanlah hal yang mudah.

Dalam kasus yang lebih buruk, banyak dari kita belum memahami cara meminta maaf yang baik.

Padahal, permintaan maaf yang baik merupakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa kita pribadi yang bertanggung jawab dan menghargai sebuah hubungan.

Di sisi lain, permintaan maaf yang asal-asalan, seperti tidak jelas, mengganggu, menuntut, atau bahkan dengan melempar peringatan justru akan memperbesar masalah dan memperburuk hubungan.

Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Liburan Tahun Baru Agar Menyenangkan dan Berkesan

Begitu juga ketika kita tidak mengetahui secara pasti bagaimana cara meminta maaf yang baik.

Oleh karena itu, terdapat hadist yang menerangkan bagaimana meminta maaf yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.

Dengan permintaan maaf yang baik, akan menunjukkan bahwa kita meminta maaf dengan tulus dan menghargai sebuah hubungan.

Berikut cara meminta maaf yang baik dengan benar seperti disadur melalui laman dalam Islam.

1. Mengakui Kesalahan

Tahapan pertama adalah dengan menyadari dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Tentunya hal ini dengan pemahaman yang tepat.

Karena untuk apa kita hanya mengucapkan kata maaf, namun tidak disertai dengan kesadaran bahwa kita telah menyakiti orang lain. Meminta maaf merupakan salah satu cara bertaubat.

2. Mengungkapkan Permintaan Maaf dan Penyesalan

Ungkapkan permintaan maaf dan penyesalan dengan apa yang telah dibuat. Sampaikan bahwa kamu sungguh menyesali atas perbuatan yang menyakiti hatinya.

Hal ini menunjukkan ketulusan dari diri kamu serta menunjukkan penyesalan, dan berharap kedepannya tidak ada kesalahan seperti ini lagi. Ketahui doa mengontrol emosi dalam Islam.

Baca Juga : 15 Ucapan Selamat Tahun Baru secara Islami, Sangat Meyentuh

3. Buktikan Dengan Tindakan

Mengutarakan permintaan maaf harus disertai dengan pembuktian, yakni dengan tindakan. Bukan hanya sekedar ucapan, namun juga memperbaiki kesalahan tersebut.

Hal ini akan membawa dampak besar dengan memperkuat hubungan dengan orang tersebut.

Contoh ini bisa dengan menawarkan solusi, sehingga orang lain dapat merasakan niat kita untuk memperbaiki hubungan. Ketahui cara agar terhindar perselishan antar muslim.

4. Berubah Menjadi Lebih Baik

Cara meminta maaf yang baik selanjutnya adalah dengan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Karena mengucapkan kata maaf saja tidak cukup, sampaikan kepadanya bahwa kamu tidak akan mengulangi kesalahan seperti itu lagi.

Buktikan bahwa kedepannya kamu akan belajar dari kesalahan tersebut. Dengan berubah menjadi lebih baik juga akan merubah sifat kita, dengan lebih menjaga kata-kata dan tindakan agar tidak menyakiti orang lain.

Kenali hukum dalam Islam jika tidak mau memaafkan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini