Inilah Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Inilah Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Otak freepik.com

TERASBANDUNG.COM - Seperti sepele tapi ternyata sarapan pagi menjadi hal penting bagi kita dalam menjalani aktivitas seharian. Mungkin bagi sebagian orang sarapan pagi bukan hal penting dan menganggapnya hanya membuang waktu saja. Sehingga mereka pun melewatkannya.

Padahal sarapan pagi ini merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia selama menjalankan aktivitasnya seharian. Aktivitas yang di mulai saat pagi hari tentunya sangat perlu ditopang oleh energi yang bisa didapatkan dari sarapan pagi.

Seperti dikutip dari Kementerian Kesehatan, sarapan tidak hanya sekedar menghilangkan rasa lapar di pagi hari sebelum beraktivitas. Tetapi sarapan merupakan kebutuhan tubuh yang seharusnya dipenuhi mengingat dalam waktu sekitar 6 jam saat seseorang tidur tidak mengkonsumsi makanan.

Dengan mengkonsumsi sarapan akan dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, serta menganalisis sesuatu.

Sarapan pagi juga mempengaruhi kerja otak lewat dua mekanisme, yaitu meningkatkan efisiensi proses berpikir serta menyediakan zat gizi yang esensial bagi sistim saraf pusat.

Sarapan yang dilakukan dengan rutin juga terbukti membawa pengaruh positif terhadap metabolisme tubuh.

Rutinitas sarapan juga menjamin terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh.

Tips Sarapan Pagi

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, anda harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, berikut tipsnya.

Setiap sarapan diusahakan konsumsi makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan. Makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan.

Makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan. Hindari makan terlalu banyak.

Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sarapat diantaranya susu, telur, roti, sayuran dan sedikit nasi.

Kandungan makanan yang anda asup saat pagi hari akan mengawali hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ely Kurniawati

Berita Terkini