Bupati Tasikmalaya Terima Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Menteri Kesehatan

Bupati Tasikmalaya Terima Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Menteri Kesehatan Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menerima sertifikat Eliminasi Flariasis. (Foto: Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menerima sertifikat Eliminasi Flariasis dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, di Puri Agung Convention Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Acara tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Neglected Tropical Deseases (NDTs) Sedunia.

Filariasis, atau penyakit kaki gajah, merupakan salah satu penyakit tropis yang seringkali terabaikan, namun memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat.

Melalui upaya yang gigih dan kerja sama yang solid antara pemerintah daerah dan berbagai instansi kesehatan, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mencapai eliminasi filariasis.

Baca Juga : Tiga Tips dari OJK untuk Manfaatkan Pinjol, Bisa Cek ke 081157157157

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ade menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan kesehatan yang telah bekerja sama dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Klinik Kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya, Kader posyandu, RT/RW se-Kabupaten Tasikmalaya dan semua pihak yang telah berkiprah dibidang kesehatan,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan ini para Kepala Daerah yang menerima sertifikat dan tamu undangan lainnya.

Eliminasi filariasis bukan hanya merupakan sebuah prestasi bagi Kabupaten Tasikmalaya, tetapi juga menjadi bukti nyata dari komitmen serius dalam memerangi penyakit tropis terabaikan.

Baca Juga : Peneliti sebut Teknologi Wolbachia Aman, Pj Wali Kota Berharap di Bandung Berhasil

Diharapkan, langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

"Kami tidak hanya merayakan pencapaian ini, tetapi juga menguatkan komitmen kami untuk terus berperang melawan penyakit tropis terabaikan. Semoga eliminasi filariasis menjadi awal dari perjalanan panjang menuju kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya," tutur Bupati Ade.

Melalui langkah-langkah nyata dan kolaborasi yang kuat, Kabupaten Tasikmalaya telah membuktikan bahwa eliminasi filariasis bukanlah impian belaka, tetapi sebuah tujuan yang dapat dicapai dengan kerja keras dan kesungguhan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini