12 Tim Siap Tempur di Super League Euro Futsal 2024

12 Tim Siap Tempur di Super League Euro Futsal 2024 Sebanyak 12 Tim Siap Tempur di Super League Euro Futsal 2024. (Ely Kurniawati/TERASBANDUNG.COM)

TERASBANDUNG.COM - Sebanyak 12 Tim Euro Fans Club terbaik 2023 siap bertanding di ajang Super League Euro Futsal 2024. Launching program inovasi terbaru dari Super Soccer Regional Bandung tersebut berlangsung di Progresif Arena Jalan Soekarno Hatta No 785 A Bandung, Sabtu (23/02/2024).

Ke 12 tim yang akan berlaga di Super League Euro Futsal nanti merupakan tim terbaik yang mewakili area Cirebon, Area Bandung Raya, dan Area Parahyangan. 12 tim tersebut adalah United Indonesia Member of Bandung (UI MOB), PRMI Bandung, MI Sezione Cirebon, Madrid Cirebon, United Indonesia Subang A, United Indonesia Chapter Kuningan, United Indonesia Cianjur, Gooners Jatinangor, Milanisti Sumedang, Milanisti Sumedang Primavera, UI Chatas Tasikmalaya, PRMI Tasikmalaya.

Perwakilan Super Soccer Regional Bandung, Tries Pondang menyampaikan Super League Euro Futsal 2024 ini merupakan terobosan baru dari Super Soccer Regional Bandung dengan bertujua bisa terus menjalin silaturahmi dan hubungan emosional antara Super Soccer dengan para fans club Liga Eropa.

Super League Euro Futsal nanti, lanjut Tries akan digelar dengan format Liga yang mempertandingkan 12 tim terbaik. Tim-tim tersebut merupakan tim yang lolos Euro Fans Club Championship 2023.

"Ini merupakan kompetisi amatir tapi kita gelar secara profesional. Sehingga kita pun melibatkan Badan Liga dalam penyelenggaraannya. Karena walaupun amatir tapi kita ingin penyelenggaraan Super League Euro Futsal yang untuk pertama kalinya di gelar ini berkualitas dalam pengelolaannya," ujar Tries pada peskon Super League Euro Futsal 2024 di Progresif Arena, kemarin.

Selain ajang silaturahmi fans club, Tries berharap melalui kompetisi yang akan dimulai 27 April hingga 6 Juli 2024 itu bertujuan untuk mendukung persiapan tim yang akan berlaga di Euro Fans Club Championship nanti.

"Kita ingin jadikan kompetisi ini sebagai ajang silaturahmi dan mempererat hubungan para fans club. Melalui ajang ini kita perlihatkan kalau klub kesayangan bole beda, kesukaan tim beda tapi para fans bisa di satukan dalam kegiatan ini. Selain itu, ajang ini juga bisa dijadikan untuk mengasah persiapan dan kesiapan tim-tim yang akan berlaga di Euro Fans Club Championship nanti," ungkapnya.

"Saya tegaskan kembali, walaupun pesertanya diambil dari tim yang lolos Super Fans Club Championship tetapi Super League ini tidak mencakup ke yang nasional ya. Ini hanya dijadikan sebagai ajang persiapan atau pemanasan tim-tim yang berlaga di nasional," tegasnya.

Walaupun di penyelenggarakan pertama tim diambil dari 12 tim terbaik Euro Fans Club Championship, namun bukan berarti tim lain tidak bisa ambil bagian di ajang ini. Disebutkan Tries semua tim berpeluang ikut ambil bagian pada penyelenggaraan berikutnya.

"Tujuan kompetisi ini selain untuk silaturahmi kita juga ingin melalui kompetisi ini lahir tim-tim yang berprestasi dan Super Soccer pun berharap muncul fanbase-fanbase baru fans club di Liga Eropa karena disini kita juga melibatkan IFFA (Indonesia Fans Football Association). Yang harus dilakukan adalah registrasi," tutur Tries.

Disinggung mengenai format kompetisi, perwakilan Liga, Algi Rais mengatakan akan menggunakan sistem kandang dan tandang atau home-away. Dengan begitu, juara ditentukan berdasarkan hasil poin.

"Regulasinya akan diadakan 11 seri, home away diberbagai kota. Jadi pencarian juga pun berdasarkan poin," bebernya.

Sementara itu pelatih UI MOB, Anggi Nugraha sangat menyambut baik gelaran perdana Super League Euro Futsal 2024 ini. Anggi mengaku kaget dengan diadakannya Super League tersebut.

Dikatakannya, bagi UI MOB Super League ini sangat membantu persiapan mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi Euro Fans Club Championship 2024 nanti.

"Bagi UI MOB, Super League ini bisa menjadi salah satu sarana untuk persiapan kita menghadapi Euro Fans Club Champioship 2024 nanti. Jadi selain fun futsal yang kita jalani setiap minggu, ada event ini yag harus kita lakoni. Jadi adanya Super league ini menjadi keuntungan buat kami untuk persiapan ke Euro Fans Club Champsionship nanti agar kami bisa mempertahankan gelar juara," ucapnya.

Anggi pun menyampaikan Super League Euro Futsal ini bisa dijadikan wadah bagi pemain futsal amatir khususnya di Kota Bandung untuk menampilkan kemampuannya.

Dengan begitu nantinya akan muncul bibit-bibit pemain futsal berprestasi dari Bandung.

"Bandung itu sebenernya punya banyak pemain futsal yang bagus, jadi saya rasa Super League ini bisa menjadi wadah untuk melahirkan pemain-pemain berprestasi dari Bandung yang main di Liga," tambahnya.

Kesiapan untuk bermain pun disampaikan penggawa UI MOB, Mukarom Misluh yang merupakan best player di ajang Euro Fans Club Championship 2023.

Menurut Mukarom sebagai pemain, ada tiga hal yang harus dipersiapkannya, yaitu mental, fisik dan taktik dan dirinya sudah mempersiapkan ketiganya untuk menghadapi lawan-lawannya di Super League nanti.

"Sebagai pemain tentunya saya tetap berlatih untuk mempersiapkan diri. Dengan harapan saya bisa bermain baik sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal di Super League Euro Futsal nanti. Bagi saya ajang ini juga dijadikan sebagai ajang untuk mengukur dan melihat sejauh mana persiapan dan kesiapan saya yang akan bermain di Euro Fans Club Champioship 2024 nanti," tutupnya.

Yang menjadi daya tarik bagi para Super Friends Euro Fans Club semua, nantinya para peserta yang ikut dalam kompetisi Super League ini akan mendapatkan hadiah dengan total 50 juta rupiah. ***

Penulis: Ely Kurniawati | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini