Pemkot Bandung Siapkan Strategi Atasi Sampah di Hari Raya Idulfitri 1445 H

Pemkot Bandung Siapkan Strategi Atasi Sampah di Hari Raya Idulfitri 1445 H Petugas kebersihan di Kota Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Pemkot Bandung telah menyiapkan strategi untuk menangani peningkatan volume sampah selama perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Dengan melibatkan 993 personel pada malam takbir, 222 personel saat hari H, dan 753 personel pada H+1, Pemkot Bandung bertekad untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kenyamanan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudy Prayudi menyampaikan malam takbir menjadi fokus utama operasi penanganan sampah.

Sebanyak 993 personel akan disebar di titik-titik keramaian warga, terutama di wilayah pasar, pedagang kaki lima (PKL), dan tempat wisata.

Baca Juga : Polisi Cek Ketersediaan Bahan Bakar di Dua SPBU Sepanjang Jalur Mudik Lebaran

Hal ini bertujuan untuk memastikan sampah yang dihasilkan selama malam takbir dapat segera ditangani dan dibersihkan.

"Seperti telah diumumkan bahwa saat malam takbir para Pedagang Kaki Lima boleh berjualan hanya sampai pukul 23.00 WIB, sehingga kami bisa segera bergerak menangani sampah saat itu," jelas Dudy dalam keterangan persnya, Senin (8/4/2024).

Pada 10 April 2024, 222 personel akan melakukan operasi khusus di lokasi-lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan Salat Idulfitri dan tempat-tempat ziarah. Langkah ini diambil untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di tempat-tempat ibadah serta menjaga kenyamanan bagi para jemaah.

"Pada H+1, operasi penanganan sampah akan kembali ditingkatkan dengan melibatkan 753 personel. Mereka akan menargetkan titik-titik keramaian warga, terutama di pasar, PKL, dan tempat wisata, guna memastikan bahwa sisa-sisa sampah pasca-perayaan Idulfitri dapat segera diatasi," kata Dudy.

Pemkot Bandung juga telah menyiapkan strategi untuk 12 April dan 13 April, dengan melibatkan 997 personel dan 1.103 personel secara berturut-turut.

Baca Juga : Polresta Bandung Buka Layanan Penitipan Kendaraan Selama Libur Lebaran

Personel yang bertugas terdiri dari Koordinator Lapangan, Tim Penyapuan, Tim Pengangkutan, dan Tim Pendukung lainnya.

Mereka akan bekerja keras untuk memastikan kondisi Kota Bandung tetap bersih dan nyaman selama dua hari tersebut.

Dengan strategi yang terencana dengan baik dan kerjasama yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Kota Bandung dapat menjaga kebersihan lingkungan serta menciptakan suasana yang nyaman dan bersih selama perayaan Idulfitri 1445H.

Berdasarkan Surat edaran Nomor 1707/PBLS.04/DLH tentang penetapan jam operasional TPK Sarimukti dijelaskan bahwa pada hari H (Idulfitri) TPK sarimukti tutup.

Menanggapi hal tersebut Dudy menyampaikan langkahnya dalam menangani sampah di Kota Bandung pada hari H.

SPA atau Penampungan Sementara untuk setiap SWK yang akan menampung sampah jalan saat hari H Idulfitri di antaranya:

1. TPS Ciwastra : SWK Kordoba dan SWK Ubermanik

2. Bawah Jembatan Layang Pasupati : SWK Cibeunying

3. Taman Holis : SWK Tegalega

4. Ence Ajis : SWK Bojonegara

5. TPS Kobona : SWK Karees.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini