5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Salah Satunya Jangan Sentuh Wajahmu!

5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat, Salah Satunya Jangan Sentuh Wajahmu! Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Rentan Berjerawat. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Jerawat adalah kelainan kulit yang disebabkan adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea).

Kulit manusia memang berbeda-beda jenis dan cara merawatnya. Namun, hampir semua pasti pernah menghadapi permasalahan satu ini, yaitu jerawat.

Biasanya, jerawat akan muncul di muka, leher, dada atas, punggung dan lengan atas. Kelainan ini sering diderita oleh kaum remaja dan terkadang orang dewasa.

Bagaimana cara mengatasi jerawat? Ketika muncul jerawat, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya.

Berikut ini langkah-langkah mengatasi jerawat dengan cara alami dimulai dari hal-hal kecil seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jangan Sentuh Wajahmu!

Hal yang sangat terdengar mudah tapi sangat sulit dilakukan ialah jangan menyentuh wajah mu, apalagi jerawat. Jangan garuk atau ambil secara sengaja jerawat dengan tangan.

Kebanyakan orang tidak sabar untuk menghilangkan jerawatnya sehingga mereka sering memegang jerawat. Dengan melakukan hal ini, jerawat akan meradang semakin parah, sehingga berpotensi menimbulkan bekas jerawat lebih hitam.

Tangan penuh bakteri dapat mendistribusikan bakteri ke jerawat sehingga jerawat akan semakin merah dan iritasi. Jadi stop sentuh wajahmu dengan tangan kotor, ya!

2. Jangan Terlalu Sering Cuci Wajah

Mungkin dengan wajah berjerawat atau memiliki minyak berlebih, kamu sering merasa bahwa wajahmu kotor dan perlu dicuci.

Mencuci wajah cukup dua kali sehari pada saat mandi pagi dan malam ketika sebelum tidur atau selesai beraktivitas. Lebih dari itu, wajah berpotensi mengalami iritasi dan memproduksi lebih banyak lagi minyak yang dapat menumbuhkan jerawat.

Gunakan pelembab agar kulit mu ternutrisi sehingga kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih, sehingga kamu tidak akan merasa kotor atau ingin mencuci wajah terus.

3. Teratur Bersihkan Wajah

Cuci wajahmu menggunakan air hangat, lalu gunakan tanganmu dengan arah memutar dengan lembut. Hindari scrub karena dapat membuat kulit berjerawat jadi lebih sensitif lagi karena adanya butiran-butiran scrub.

Keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut.

Tips: Gunakan sabun cuci muka dengan pH yang sama atau menyerupai kulitmu, yaitu sekitar pH 5.

Mengapa? Hal ini mendukung pertumbuhan bakteri baik di kulit yang diperlukan untuk kulit sehat.

Kadar pH yang terlalu rendah (asam) atau pH terlalu tinggi (basa) dapat membuat kaget kulit, sehingga dapat membuat kulit sensitif dan iritasi, serta berpotensi menumbuhkan lebih banyak jerawat.

4. Jangan Makeup Berlebihan

Jerawat memang bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang, terlebih lagi jika sedang memerah meradang. Tak sedikit yang lalu mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan makeup.

Pada saat kulitmu berjerawat, hindari makeup tebal dan riasan berbentuk padat seperti stik dan krim. Sebab produk tersebut biasanya mengandung polyethylene atau ethylhexyl palmitate yang berbahaya untuk kulit berjerawat.

Selain itu, peralatan makeup kamu pun sangat berpotensi mengandung kotoran yang dapat memperparah jerawat.

Jika kamu benar-benar perlu menggunakan makeup, pilihlah produk makeup yang berlabelkan “non-komedogenik” yang artinya tidak menyebabkan jerawat.

5. Perhatikan Kebersihan Rambut

Saat mengalami peradangan, kulit jadi lebih rentan terhadap kotoran dan bakteri di sekitar. Rambut adalah potensi sumber kotoran tersebut yang paling dekat dengan wajah. Secara tak sadar, rambut sering menempel pada wajah.

Sedangkan secara kasat mata, debu dan kotoran sebenarnya menempel pada rambut. Belum lagi produk rambut seperti gel rambut, pomade, parfum, atau minyak rambut yang juga bisa menempel pada wajah.

Maka itu, ketika wajah sedang berjerawat, sebisa mungkin rambut jangan sampai menempel pada wajah. Selain untuk menghindari jerawat semakin parah, juga menghindari jerawat baru muncul.

Jerawat memang sulit disembuhkan dan dihilangkan, yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan kesabaran. Tidak ada hal yang akan membuat jerawat hilang hanya dengan semalaman.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini