Lepas Calon Jemaah Haji, Bupati Tasikmalaya Tekankan Pelayanan

Lepas Calon Jemaah Haji, Bupati Tasikmalaya Tekankan Pelayanan Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto melepas calom jemaah haji di Gedung Islamic Center Bojongkoneng, Singaparna, Selasa 14 Mei 2024. (Instagram)

TERASBANDUNG.COM - Sebanyak 864 orang calon jemaah haji dari asal Kabupaten Tasikmalaya telah diberangkatkan menju tanah suci Mekah Al Mukaromah.

Pemberangkatan kloter pertama sebanyak 432 orang calon jemaah haji yang tergabung di kelompok terbang (Kloter) 8 JKS di Gedung Islamic Center Bojongkoneng, Singaparna dilepas oleh Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, pada Selasa 14 Mei 2024 pagi.

Selanjutnya, 432 orang calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 24 JKS kembali diberangkatkan pada Rabu 22 Mei 2024. Mereka diberangkatkan pada pukul 06.30 WIB.

Baca Juga : Dishub Siagakan Puluhan Petugas Antisipasi Kemacetan dan Parkir Liar di Braga Beken

Alhamdulilah tahun ini ada 1.525 orang warga Kabupaten Tasikmalaya yang akan berangkat, itu dari 1 juta jiwa lebih warga Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Ade Sugianto pada para jemaah.

"Kami Pemerintah daerah mendoakan bapak-ibu lancar ibadah, sehat selama selama menjalankan ibadah. Kami tentu akan terus memantau bapak-ibu agar benar-benar mendapat pelayanan dan ibadah haji yang mumpuni," sambungnya.

Salah satu layanan yang disiapkan pemerintah daerah, kata Ade, yakni membekali nasi liwet instan untuk bekal saat tiba di tanah suci.

Ade mengatakan, berkaca dari pelaksanaan ibadah Haji 2023, jemaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya sempat mengalami keterlambatan dalam mendapatkan pasokan makanan.

Maka tahun ini pemerintah daerah melakukan antisipasi dengan menyediakan paket nasi liwet instan.

Baca Juga : Pemkot Bandung Keluarkan Surat Edaran Imbau Study Tour, Ada 4 Poin, Begini Isinya

Dengan nasi liwet instan tersebut maka bisa menjadikan pasokan makanan ketika darurat.

"Maka pada tahun ini kami berikan nasi liwet instan untuk dikonsumsi jika ada keterlambaran pasokan makanan di Tanah Suci," kata Ade Sugianto.

Berdasarkan data dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, jadwal berikutnya keberangkatan jemaah haji dilakukan pada Jumat 31 Mei 2024.

Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan mencapai 432 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 45 JKS. Jumlah itu, akan diberangkatkan pada pukul 14.30 WIB.

Keberangkatan selanjutnya, yakni pada Selasa 4 Juni 2024 sekitar pukul 03.00 WIB. Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan mencapai 41 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 52 JKS.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini