Universitas Langlangbuana Wisuda 425 Lulusan

Universitas Langlangbuana Wisuda 425 Lulusan  Unla) menggelar Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Universitas langlangbuana (Unla) menggelar Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (27/7/2024) di Wisma Buana Unla, Jalan Karapitan No 116 Kota Bandung.

Acara wisuda bertema “Generasi Profesional, Inovatif, dan Berkarakter Menuju Indonesia Emas” tersebut diikuti 425 wisudawan, terdiri atas 356 Sarjana Strata-1 (S1) dan 69 Sarjana Strata-2 (Magister).

Rektor Universitas Langlangbuana Dr HR AR Harry Anwar Drs SH MH mengatakan, tema wisuda sekarang sejalan dengan Visi Unla untuk menjadi universitas yang unggul yang lulusannya Profesional, Inovatif dan Berkarakter menuju masyarakat yang sejahtera di ASEAN tahun 2030.

Baca Juga : bank bjb Masuk Kategori Emiten Main Index, High Growth, High Dividend dalam Indeks TEMPO-IDNFinancials 52

“Para lulusan dibekali dengan kompetensi dan keahlian sesuai bidang keilmuan masing-masing, untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemahaman dalam menerapkan prinsip integritas, tanggung jawab, dan disiplin yang kuat, serta kemampuan profesional yang harus dimiliki. Hal ini dibuktikan dengan terlisensinya LSP P1 Unla oleh BNSP,” ujar Harry, Sabtu (27/7/2024).

Menurut Harry, keberadaan LSP P1 Unla ini untuk memastikan lulusan Unla memiliki kompetensi sesuai bidangnya, meskipun untuk wisuda saat ini baru ada 10 yang memiliki sertifikat kompetensi.

Diharapkan untuk periode wisuda berikutnya diperoleh peningkatan signifikan jumlah lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP.

Baca Juga : Baik Untuk Kesehatan, Yuk Ketahui Manfaat Luar Biasa dari Minuman Jahe Serai

Harry mendorong para lulusan untuk selalu berpikir kritis, kreatif, dan terbuka terhadap perubahan, berupa pembiasaan dalam keberanian mengambil risiko terukur demi menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat.

“Kemampuan inovasi dan kreativitas ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi tantangan masa depan,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Tri Bhakti Langlangbuana Komjen Pol (P) Drs H Nana S Permana mengatakan, para wisudawan menyandang gelar akademik baru sebagai pengakuan kompetensi yang telah diraih dalam mengemban tanggung jawab yang lebih tinggi untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

“Ilmu pengetahuan memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan dan merupakan investasi jangka panjang. Setelah pelaksanaan wisuda bukan berarti berhenti belajar, tapi terus belajar untuk modal perjalanan karir serta membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” tuturnya, dalam prosesi wisuda ke-45 Unla.

Nana menambahkan, modal utama para wisudawan dalam memberikan karya nyata harus memiliki kompetensi dan kapabilitas, dan menjadi alumni yang berkualitas serta berani membuat keputusan yang cepat dan tepat.

Lulusan Terbaik

Pada Wisuda Gelombang II Tahun akademik 2023/2024 ini, Universitas Langlangbuana memberikan penghargaan kepada para Lulusan dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi dari setiap Fakultas, yaitu Salma Dera Setiawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen) dengan IPK 3,98 Yudisium dengan Pujian, Anyeu Riandini (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Kesejahteraan Sosial) IPK 3,97 Yudisium dengan Pujian, Ismawanti Ressa (Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Humum) IPK 3,91 Yudisium dengan Pujian. 

Selain itu, penghargaan diberikan pada Annke Afereira (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar) IPK 3,87 Yudisium dengan Pujian, Yuraditha Aurelia Putri (Fakultas Teknik, Prodi Teknik Informatika) IPK 3,82 Yudisium dengan Pujian, dan Achriyadi (Pascasarjana, Magister Manajemen) IPK 4,00 Yudisium dengan Pujian.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan kompetensi wisudawan, Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Syamsi Hari SE MM menuturkan, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Unla telah melakukan langkah yang baik dengan memberikan sertifikat yang bermutu kompeten terhadap wisudawan selain ijazah yang didapat.

Baca Juga : Waspada Acara Palsu Mengatasnamakan Pemkot Bandung, Ini Daftar Agenda Resminya

“Kompetensi ini nantinya dalam pelaksanaan di lapangan, akan sangat berguna, baik dalam dunia usaha maupun industri untuk menuju Indonesia Emas dan Megatrend Dunia 2045 yang sudah berada di hadapan kita,” ungkap Syamsi.

Dalam acara wisuda dilakukan penyerahan sertifikat kompetensi dari LSP P1 Unla yang diserahkan langsung oleh Kepala BNSP kepada Nahda Fitriana (FEB, Skema Digital Marketing), Rizky Aulia Senjaya (FEB, Skema Digital Marketing), Acep Muhammad Rizky (FH, Skema Penata Pembuatan Perjanjian Kerja), Robinhot Sihite (FH, Skema Penata Pembuatan Perjanjian Kerja), dan Merly Belinda (FISIP, Skema Public Relations Officer).***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini