Begini Kesiapan Kota Bandung Dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Begini Kesiapan Kota Bandung Dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2024 Apel Gelar Pasukan Operasi Matap Praja Lodaya 2024 di Lapangan Tegallega, Selasa 20 Agustus 2024. (Bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2024, sebanyak 1.512 pasukan gabungan TNI, Polri dan unsur dari Pemerintah Kota Bandung mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Matap Praja Lodaya 2024 di Lapangan Tegallega, Selasa 20 Agustus 2024.

Pilkada Serentak 2024 bakal diikuti oleh masyarakat Kota Bandung, yang akan memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota, juga Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ada dua agenda besar dalam tahapan Pilkada Serentak 2024. Yakni pada 25 September - 23 November 2024 yang merupakan masa kampanye, serta 27 November 2024 yang merupakan hari pemungutan suara.

Baca Juga : 5 Cara Menciptakan Feng Shui yang Baik di Kamar Mandi untuk Membuang Energi Negatif

Disadur melalui siaran pers Humas Kota Bandung, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta semua pihak untuk menebarkan optimisme pelaksanaan Pilkada Serentak di Kota Bandung harus berjalan kondusif.

Ia juga mengajak semua pihak saling menahan diri dan tidak saling berbagi informasi yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan.

"Kita harus punya optimisme. Saya minta kepada semua pihak, bagikan informasi secara proporsional. Jangan membagikan berita yang memancing ketidaknyamanan," ajaknya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono memastikan, seluruh jajaran Polri, termasuk TNI akan saling bahu membahu dalam mengamankan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024.

"Setiap tahapan memiliki kerawanan masing-masing, sehingga tahapan ini perlu dipastikan berlangsung aman, nyaman, dan sejuk," ucap Budi.

Ia juga meminta seluruh jajaran TNI/Polri, serta ASN untuk sama-sama menjaga netralitas dan menghindari perilaku yang dapat mencederai nilai demokrasi selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga : INFO Lowongan CPNS 2024 Pemkot Bandung, Ada 48 Formasi Jabatan, Ini Cara Daftarnya

Budi menekankan, Pilkada Serentak 2024 merupakan momentum penting bagi proses demokrasi di Kota Bandung. Oleh karenanya, ia memastikan seluruh proses pengamanan harus dilakukan secara seksama dan dengan baik.

"Hari ini telah dilakukan Apel Gelar Pasukan Anggota sudah mulai persiapan pengamanan dan mulai rapat persiapan kampanye. Insyaallah, kami sudah berkoordinasi dengan seluruh Forkopimda. Kita sudah siap melaksanakan pengamanan pada Pilkada Serentak 2024," kata Budi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini