Festival Balon Wonosobo Hadir di Bandung, PLN Siap Kawal Jaga Keandalan Lisrrik

Festival Balon Wonosobo Hadir di Bandung, PLN Siap Kawal Jaga Keandalan Lisrrik

TERASBANDUNG.COM - Untuk pertama kalinya, Festival Balon Wonosobo diselenggarakan di Kota Bandung.

Balon-balon udara berukuran besar diterbangkan di langit kota Bandung pada gelaran Festival Kuliner Bandung, bertema Jelajah Kuliner Asia.

Sebanyak 11 pegiat balon udara, berhasil mengembangkan balon udaranya. Hal ini tentunya menarik ribuan pengunjung yang hadir pada acara yang diselenggarakan pada Minggu (25/8) kemarin.

PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melalui Unit Pelaksana Transmisi Bandung (UPT Bandung) turut hadir untuk memastikan kegiatan menerbangkan balon udara dilakukan dengan aman. Seperti diketahui, balon udara dapat menjadi penyebab gangguan bagi jaringan transmisi PLN jika dilepasterbangkan.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, Tim PLN melalui UPT Bandung sigap melakukan sejumlah langkah preventif dan juga responsif meliputi penyiagaan personel di titik lokasi festival balon udara. Menurutnya, tim di lapangan akan merespon cepat apabila balon udara tersangkut pada kawat konduktor.

"Menjadi yang pertama kali, festival balon Wonosobo hadir di Kota Bandung. PLN akan mendukung kegiatan yang sudah membudaya di masyarakat Indonesia ini. Tentu, kami akan memastikan sistem kelistrikan tetap andal selama acara berlangsung," ungkap Tejo.

Dalam siaga kelistrikan Festival Balon Wonosobo yang diselenggarakan di Mall Summarecon Bandung kali ini, PLN menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan pasokan listrik tetap aman.

Tim PLN UPT Bandung bekerja sama dengan panitia penyelenggara dan komunitas penerbang balon untuk memastikan bahwa balon diterbangkan dengan aman, tetap terikat dan tidak dilepas-terbangkan.

Sementara itu, Manager UPT Bandung Stefanus Yan Kurniawan menjelaskan UPT Bandung akan melakukan upaya-upaya preventif dan juga responsif pada kegiatan Festival Balon Wonosobo di Mall Summarecon ini.

"Kami menerjunkan Tim dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bandung Timur untuk memantau secara real time kondisi di lokasi acara. Juga, melakukan sosialisasi dan edukasi kelistrikan, terutama untuk keandalan jaringan transmisi PLN," ucap Yan Kurniawan.

Dengan adanya upaya ini, Festival Balon Wonosobo di Kota Bandung dapat berlangsung dengan sukses dan meriah. Sistem kelistrikan PLN pun tetap aman dan andal serta mampu memberikan dukungan optimal pada kegiatan positif di masyarakat.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini