IWEB Gelar Seminar Nasional, Perkuat Konsep Pentahelix dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

IWEB Gelar Seminar Nasional, Perkuat Konsep Pentahelix dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

TERASBANDUNG.COM - Politik Global yang semakin menghangat rupanya ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Berbagai upaya telah dan terus dilakukan berbagai pihak untuk terus mengamankan bahkan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu perlu langkah bersama dalam kolaborasi pentahelix yaitu unsur akademisi, bisnis (pelaku usaha), community (masyarakat), government (pemerintahan), dan media, atau disingkat ABCGM.

“Keterlibatan lima elemen ini sangat penting dalam Pembangunan. Kolaborasi ini bertujuan untuk memadukan berbagai perspektif, sumber daya, dan keahlian guna menciptakan sinergi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” ujar Ketua Umum IWEB Yulistyne Kasumaningrum.

Di era globalisasi dan digitalisasi ini, kata dia, hubungan yang kuat antara kelima elemen tersebut menjadi semakin penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Kolaborasi Pentahelix bisa menjadi pondasi utama dalam mengusung dan memperkuat berbagai upaya pembangunan dalam berbagai sektor termasuk ekonomi dengan identifikasi peran dan kontribusi masing-masing elemen.

Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) yang menjadi salah dari satu elemen Pentahelix yakni media massa, memfasilitasi sebuah seminar nasional yang dihadiri kelima elemen Pentahelix. Mengambil tema “Memperkuat Hubungan Pentahelix dalam Mendukung Perekonomian Nasional.”

Acara akan menghadirkan lima narasumber terdiri atas Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman, Akademisi Unpad Kurniawan Saefullah, Hilman Hidayat dari praktisi media, I Made Sandika Dwiantara dari kalangan profesional bisnis dan Siti Rahma mewakili komunitas masyarakat.

Yulistyne menyebutkan, tujuan acara ini digelar untuk membangun jaringan dan sinergi antara akademisi, dunia usaha, media, masyarakat, dan pemerintah. Harapannya dapat menghasilkan rekomendasi strategi kolaboratif untuk memperkuat hubungan Pentahelix.

Peserta talkshow berasal dari kalangan akademisi, dunia usaha, jurnalis, organisasi masyarakat, serta perwakilan pemerintah. Seminar akan digelar pada Hari Selasa, 17 September 2024 pukul 12.00 – 17.00 WIB di Ballroom Hotel Holiday Inn, Jalan dr. Djunjunan, Kota Bandung.

IWEB juga akan memberikan penghargaan kepada elemen Pentahelix yang dinilai berkontribusi besar dalam mendorong iklim media dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Terdapat delapan kategori yang akan diberikan penghargaan kepada 16 perusahaan, instansi, lembaga, personal, dan lainnya.

Acara ini mendapat dukungan dari Pemprov Jabar; Bank Indonesia Jawa Barat; Bank BCA; Bio Farma; PT Aneka Tambang (Antam); Pos Indonesia; JNE; PT Surya Energi Indotama; PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom); bank bjb; PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar; PT Kereta Api Indonesia (KAI); Pemkab Kuningan; dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Turut berpartisipasi Telkomsel, PT Internasional Business Futures (IBF); PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jabar; Summarecon Bandung; Apindo Jabar; Bulog Jabar; Pegadaian Jabar; bank bjb Syariah; Pupuk Kujang; Indosat; Bandung Zoo; Artugo; Modena; dan Kalbe Farma.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini