Polresta Bandung-KPU-Bawaslu Monitoring Produksi Surat Suara untuk Pilkada 2024

Polresta Bandung-KPU-Bawaslu Monitoring Produksi Surat Suara untuk Pilkada 2024 Polresta Bandung, KPU, dan Bawaslu melakukan monitoring pencetakan surat suara. (Foto: Istimewa)

TERASBANDUNG.COM - Polresta Bandung bersama KPU Kabupaten Bandung melakukan monitoring produksi surat suara untuk Pilkada Serentak 2024 di Jalan Rancaekek, Sawah Dadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (10/10/2024).

Monitoring ini dihadiri KPU RI, KPU Kabupaten Bandung, Bawaslu Kabupaten Bandung, Plh Kasat Pam Obvit Iptu Agus, Kanit I Bid Politik, Pasi Intel Kodim 0624/Kab. Bandung, Kakesbangpol dan Kejaksaan Bale Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, monitoring produksi surat suara untuk Pilkada serentak tahun 2024 merupakan salah satu tahapan penting dalam memastikan kelancaran proses pemilihan.

Baca Juga : Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Jabar Terjaga di Tengah Tren Pelonggaran Kebijakan Moneter

"KPU dan pihak terkait melakukan pengawasan ketat terhadap proses pencetakan surat suara. Proses ini mencakup pencetakan, penghitungan jumlah, serta kualitas surat suara yang diproduksi," kata Kusworo dalam keterangan persnya.

Kusworo menambahkan, keamanan surat suara menjadi prioritas utama. Setiap surat suara biasanya dilengkapi dengan pengaman khusus, seperti watermark atau tanda khusus lainnya, guna mencegah pemalsuan.

"Setelah surat suara selesai diproduksi, mereka akan didistribusikan ke berbagai wilayah sesuai dengan kebutuhan Pilkada," ujarnya.

Baca Juga : Jelang Pilkada, Polresta Bandung Tingkatkan Patroli di Sejumlah Objek Penting

"Proses distribusi juga diawasi untuk memastikan surat suara sampai di tujuan tepat waktu dan dalam kondisi baik," jelasnya.

Selain itu, kata Kusworo, monitoring ini juga untuk memastikan dalam pelaksanaan percetakan untuk pemilihan surat suara Bupati dan wakil bupati Kabupaten Bandung.

"Sudah sejauh mana, serta memastikan surat suara tersebut sudah sesuai dengan pesanan dari KPU Kabupaten Bandung," tuturnya.

"Dan juga untuk memastikan jadwal penjemputan surat suara untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Wilayah Kabupaten Bandung," pungkasnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini