Film asal Jepang 'Drive My Car' Dijagokan Raih Piala Oscar di Ajang Academy Awards 2022

Film asal Jepang 'Drive My Car' Dijagokan Raih Piala Oscar di Ajang Academy Awards 2022 Poster film Drive My Car.

RAGAM NUSANTARA - Film asal Jepang 'Drive My Car' atau 'Doraibu mai ka' dijagokan bakal memenangkan penghargaan di ajang bergengsi Academy Awards ke-94 tahun 2022 yang rencananya dilaksanakan pada 27 Maret 2022 mendatang.

Panitia Academy Awards 2022 pada Minggu, 2 Januari 2022, telah mengumumkan 15 film yang masuk nominasi peraih Piala Oscar untuk kategori Best International Film.

Setelah pengumuman tersebut, banyak di antara penggemar dan pengamat film yang menjagokan 'Drive My Car' meraih penghargaan sebagai film internasional terbaik 2021 di ajang Academy Awards 2022.

Seperti dikutip dari Marca Lifestyle, film garapan sutradara, Ryusuke Hamaguchi ini sebelumnya juga telah sukses meraih penghargaan kategori Best Screenplay di ajang bergengsi lainnya, Cannes Film Festival.

'Drive My Car' adalah film Jepang ke-17 yang dinominasikan untuk Best International Feature dan bisa menjadi film kelima asal Negeri Sakura yang meraih penghargaan di ajang Academy Awards.

Film berdurasi 179 menit ini, dirilis pertama kali pada 11 Juli 2021 di ajang Festival Film Cannes dan di Jepang mulai diputar pada 20 Agustus 2021.

'Drive My Car' awalnya direncanakan diproduksi di kota Busan, Korea Selatan, namun dibatalkan dan dialihkan ke Kota Hiroshima karena situasi pandemi Covid-19.

Sinopsis 'Drive My Car'

Mengutip dari Kompas.com, 'Drive My Car' dibintangi oleh Hidetoshi Nishijima, Toko Miura, dan Reika Kirishima.

Kisah berawal ketika Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima) yang diceritakan sebagai seorang sineas kehilangan istrinya yang tiba-tiba meninggalkan dia.

Yusuke terus mencoba untuk menjalani hidup seperti sediakala di usianya yang sudah mulai menua.

Yusuke kemudian memutuskan mencari seseorang untuk membantu kegiatan sehari-harinya, dan bertemu dengan Misaki Watari (Toko Miura) yang berperan menjadi sopirnya.

Saat menghabiskan waktu bersama Misaki, Yusuke kemudian mempelajari banyak hal yang awalnya dia anggap tak penting atau bahkan tak pernah terlintas dalam pikirannya.

Selain 'Drive My Car', film Asia lain ang masuk nominasi Academy Awards 2022 adalah A Hero (Ghahreman/Iran) garapan sutradara, Asghar Farjadi yang didistribusikan Amazon Studios.

Berikut 15 film yang masuk nominasi kategori 'Best International Film' di ajang 94th Academy Awards 2022:

Compartment No. 6 (Finlandia)

Drive My Car (Jepang)

Flee (Denmark)

The Good Boss (Spanyol)

The Hand of God (Italia)

Hive (Kosovo)

A Hero (Iran)

I'm Your Man (Jerman)

Lamb (Islandia)

Memoria (Kolombia)

Prayers for the Stolen (Meksiko)

Titane (Prancis)

Unclenching the Firsts (Rusia)

The Worst Person in the World (Norwegia)

Zatopek (Republik Ceko).**

Penulis: Muhammad Taufik | Editor: Muhammad Taufik

Berita Terkini