Beredar Kabar Jasa Pembuatan SIM Smart Online, Polisi: HOAX!

Beredar Kabar Jasa Pembuatan SIM Smart Online, Polisi: HOAX! Tangkap Layar Instagram TMC Polrestabes Bandung.

RAGAM NUSANTARA - Pihak kepolisian membantah kabar yang beredar di masyarakat terkait jasa pembuatan Surat Izian Mengemudi (SIM) online.

Belum lama ini sebuah informasi disampaikan melalui akun facebook terakit jasa dan biaya pembuatan SIM Smart Online.

Divisi Humas Polri menegaskan bahwa kabar tersebut adalah tidak benar alias HOAX.

"Telah beredar informasi melalui platform media sosial Facebook tentang "JASA DAN BIAYA PEMBUATAN SIM ONLINE" dengan mencantumkan nominal harga yang tidak sesuai."

"Divisi Humas Polri memastikan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah HOAX atau TIDAK BENAR," demikian bunyi pernyataan Polri dikutip dari Instagram TMC Polrestabes Bandung, Rabu 5 Januari 2021.

Divisi Humas Polri menambahkan, mengacu pada PP No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak telah mengatur jelas tentang tarif serta biaya penerbitan dan perpanjangan SIM.

"Itu hoax, jangan dipercaya hal seperti itu, yang tidak jelas dan menyesatkan," ucap Kasubdit SIM Korlantas Polri Kombes Pol. Djati Utomo.

Dalam informasi yang beredar di masyarakat, sebuah tulisan tentang penawaran pembuatan SIM Smart Online tertulis harga-harga pembuatannya.

Bahkan si penulis informasi tersebut mengklaim bahwa pembuatan SIM tersebut bisa dipertanggung jawabkan dan terpercaya.

Dalam postingannya, TMC Polrestabes Bandung meminta kepada seluruh masyarakat untuk membiasakan diri menyaring informasi yang didapat sebelum menyebarluaskannya kepada publik.

"Be smart netizen yaa sobat Polri. Biasakan saring sebelum sharing," ungkapnya.**

Penulis: Helmi Permana | Editor: Helmi Permana

Berita Terkini