Mengalir dan Cepat, Ini 6 Catatan tentang Sirkuit Mandalika di Mata Mantan Pebalap MotoGP

Mengalir dan Cepat, Ini 6 Catatan tentang Sirkuit Mandalika di Mata Mantan Pebalap MotoGP Pemandangan di sirkuit Mandalika dari tikungan 10 yang lokasinya tidak jauh dari pantai. (YouTube.com/Agus Haryanto)

RAGAMNUSANTARA - Mantan pebalap MotoGP Simon Crafat mencatat enam hal penting tentang balapan di Sirkuit Mandalika.

Enam hal yang diungkapkan reporter MotoGP ini juga bisa menjadi salah satu bahan referensi bagi Fabio Quartararo cs yang dalam beberapa ke depan melakoni tes di Sirkuit Mandalika ini.

Sangat cepat dan mengalir, perubahan arah yang ekstrem, serta terbukanya throttle dengan sudut kemiringan motor yang besar adalah sejumlah hal yang menjadi catatan Simom Crafar.

Tes MotoGP musim 2022 telah dimulai. Usai Sepang, tes pramusim kali ini digelar di sirkuit yang baru pertama kali menggelar MotoGP, yakni Mandalika, Lombok, Indonesia.

Inilah enam catatan Simon crafat tentang Sirkuit Mandalika.

1. Hanya ada dua titik pengereman keras, yaitu di tikungan 1 dan tikungan 10.

2. Mandalika adalah sirkuit yang mengalir, dan bukan untuk motor dengan horsepower besar. Meskipun memiliki tenagakuda besar adalah salah satu keunggulan untuk motor.

3. Di sirkuit ini ada sekitar empat atau lima sudut tikungan yang sangat cepat.

4. Terdapat banyak tikungan yang menuntut pebalap untuk mengerem dengan keras atau membuka gas di saat motor sedang sangat miring. Hal ini mungkin bisa berakhir dengan kecelakaan front-end dan tentunya bisa juga menyuguhkan drift yang spektakuler.

5. Sirkuit Mandalika memiliki are run-off dan gwavel yang luas yang berarti sirkuit ini aman.

6. Di sirkuit ini ada sejumlah perubahan arah yang cepat dan dinilai fantastis. Kondisi ini mirip seperti Ascari Chicane di Monza atau Hockenheim.

Simon juga mengungkapkan perasaannya setelah melintasi sirkuit ini menggunakan mobil, start/finish hingga setelah tikungan 6 seperti di Misano.

"Lalu, setelah tikungan 6 hingga tikungan 10 seperti chichaces di Hockenheim atau Ascari di Monza. Setelah tikungan 10 hingga tikungan 14 seperti Sepang dan di sesi terakhir mengingatkan aku pada sirkuit Teras de Rio Hondo di Argentina," papar Simon seperti dikutip motogp.com.

Para pebalap MotoGP akan melakoni tiga hari tes pramusim di Sirkuit Mandalika, 11 hingga 13 Februari 2022.

Balapan di Sirkuit Mandalika, akan digelar pada 20 Maret 2022 yang menjadi balapan kedua pada kalender MotoGP 2022 setelah balapan pembuka di Sirkuit Losail Qatar pada 6 Maret 2022.

Penulis: Sirojul Mutaqien | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini

7 Tips Paling Jitu Bikin Suami Giat Bekerja