9 Set Top Box TV Digital Terbaik Tersertifikasi Kominfo Lengkap dengan Daftar Harganya

9 Set Top Box TV Digital Terbaik Tersertifikasi Kominfo Lengkap dengan Daftar Harganya Set Top Box (STB) TV Digital Bersertifikat Kominfo yang Dijual di Pasaran. (Dok Kominfo)

TERASBANDUNG.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menghentikan siaran TV analog dalm beberapa tahap.

Sebelumnya kominfo telah mematikan siaran TV tahap 1 dan 2. Pada penghentian siaran TV analog tahap 2 ini, sebanyak 31 wilayah di 110 kabupaten atau kota terdampak.

Lalu menghentikan siaran TV analog tahap pertama untuk 56 wilayah pada 30 April 2022 lalu.

Adapun penghentian siaran TV analog selanjutnya akan menyasar 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota yang dijadwalkan pada 2 November 2022.

Banyak yang bertanya bagaimana caranya migrasi atau pindah dari TV analog ke TV digital ?

BACA JUGA: 5 Langkah Mudah Cegah Diabetes, Lakukan Sekarang Sebelum Terlambat

Tenang, bagi televisi yang belum memiliki saluran penerima siaran TV digital tidak harus melakukan pergantian perangkat televisi baru.

Dikutip dari @siarandigitalindonesia, ada dua skema yang bisa dilakukan :

1. TV analog dengan bantuan set top box (STB) atau dekorder

2. TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2

Caranya

- Pastikan di daerah anda sudah terdapat siaran televisi digital

- Gunakan antena rumah biasa, yaitu antena UHF atau antena dalam rumah

- Pastikan perangkat TV anda sudah dilengkapi penerima siaran digital DVB-T2

- Jika Televisi hanya bisa menerima siaran analog pasang set top box (STB)

- Setelah perangkat televisi tersambung pilih opsi pengaturan / setting

- Pilih auto -scan untuk memindai program siaran TV digital

- Untuk tipe dekorder / set-top-box tertentu pengguna akan diminta memasukan kode pos wilayahnya.

BACA JUGA: Bawa Keluarga ke Floating Market Lembang, Bisa Lakukan 8 Aktivitas Seru Ini Pasti Berkesan

Nah terkait Set Top Box (STB), ada berbagai macam STB yang dijual dipasaran dengan beragam harga. Bagaimana cara memlihnya agar tidak salah?

Kendati harganya terjangkau baiknya tidak salah membeli. Pastikan STB sudah bersertifikat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan begitu sudah dipastikan dapat menangkap siaran TV Digital di Tanah Air.

Selain itu, STB TV digital tersertifikasi Kominfo punya fitur penting yakni Early Warning System (EWS). Ini adalah fitur peringatan bencana.

Selama ini peringatan bencana masih dikirimkan lewat SMS. Begitu siaran TV digital mengudara, informasi peringatan bencana akan tayang di siaran TV digital.

Untuk memilih STB TV Digital murah tersertifikasi Kominfo cek daftar di bawah ini:

BACA JUGA: Wisata Alam Paling Eksotis di Ciwidey, Glamping Lakeside Rancabali, Cek Fasilitas dan Harganya

1. Evercoss Set Top BoX Pro

Evercoss Set Top BoX Pro merupakan receiver TV digital yang sudah support resolusi Full HD. Sehingga membuat kualitas menonton TV menjadi naik kelas, serta dapat merekam Siaran yang berlangsung.

Set top box ini sudah dilengkapi juga dengan koneksi HDMI, USB, serta support WiFi dongle. Harga Evercoss Set Top BoX Pro dilepas seharga Rp 179.000.

2. EVINIX H-1

Receiver ini sudah mendukung DVB-T2 yang merupakan teknologi yang terbaru untuk pengguna bisa mendapatkan siaran berkualitas jernih dan HD.

Receiver ini sudah dilengkapi dengan 2 Port USB yang memungkinkan kita bisa memutar file Multimedia melalui Flash Disk.

Kita juga bisa menggunakan Dongle Wifi untuk Receiver ini agar kita bisa menonton siaran Online atau Live Streaming seperti YouTube dll. Harga EVINIX H-1 Rp 189.000.

3. Advan Digipro

Advan Digipro dapat sinyal siaran TV Digital dengan dukungan resolusi hingga Full HD 1080p. STB ini memiliki Port USB, HDMI , Dan RCA.

Pengguna bisa menancapkan dongle WIFi sehingga bisa menggunakan STB ini untuk menonton YouTube, Advan Digipro juga punya fitur PVR (digital recorder) merekam tayangan televisi, Early Warning System (EWS) akan mengaktifkan alarm ketika ada bencana alam dan Time Shift Function untuk mengatur timer pada STB.

Advan Digipro diepas seharga Rp 142.500.

BACA JUGA: Jangan Asal Tarik Gas Saat Mengendarai Motor Matic di Jalan Menanjak, Ada Triknya

4. Tanaka T2 Sniper

STB Tanaka T2 Sniper begitu komplit. Tidak hanya bisa menangkap siaran TV digital, pengguna bisa menonton YouTube, Vidio, WeTV, TikTok dan IPTV.

Semua itu dimungkinkan berkat adanya fitur WiFi. Makin lengkap STB ini punya PVR bisa merekam film favorit.

Tanaka T2 Sniper bisa dibelii seharga Rp 178.888. Dan menyambut HUT RI, STB ini hadir dalam balutan bodi merah putih.

5. Goldsat Sonic

Hanya perlu menyambungan Goldsat Sonic dengan antena TV UHF untuk menangkap siaran TV digital. Kualitas gambarnya mendukung hingga Full HD.

Goldsat Sonic memberikan fitur YouTube dan mirroring dari ponsel bilamana menyematkan USB WiFi pada STB ini. STB Goldsat Sonic dapat dbeli seharga Rp 189.000.

6. Erza Genesis

Erza Genesis bisa menangkap siaran TV digital berkat adanya DVB-T2. Selain itu punya fitur Teleteks, Subtitle, Timer hingga EWS.

Jika terkoneksi WiFi, pengguna bisa memutar YouTube. Erza Genesis bisa dibeli di toko online dengan harga Rp 161.000.

BACA JUGA: Hari Ini Siaran TV Analog di Sejumlah Daerah di Jabar Sudah Dimatikan

7. IOTO Omega

STB IOTO Omega tak hanya bisa menangkap siartab TV Digital. Dengan memasang dongle WiFi, pengguna dapat menyaksikan Youtube, WeTV, TikTok dan Vidio.

Pengguna dapat merekam siaran TV menggunakan USB dan melalukan mirroring konten di HP agar bisa tampil di TV. STB IOTO Omega bisa dibeli seharga Rp 175.000.

8. Noise DVB-T2 DIAMOND

Receiver ini sudah mendukung DVB-T2 sehingga bisa mendapatkan siaran berkualitas jernih dan HD. Receiver ini sudah dilengkapi Port USB untuk memasang dongle WiFi agar bisa menonton YouTube, IPTV dan Vidio,

Noise DVB-T2 DIAMOND dapat dibeli seharga Rp 179.000.

9. Matrix Apple Kuning

Matrix Apple Kuning bisa menangkap siaran TV digital dengan resolusi hingga Fuull HD. Selain EWS, STB ini bisa dipasangkan dongle WiFi sehingga dapat memutar YouTube di layar TV.

Matrix Apple Kuning dibanderol seharga Rp 195.000.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini