Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat, Manfaatnya Biasa Dirasakan dalam Jangka Waktu Lama

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat, Manfaatnya Biasa Dirasakan dalam Jangka Waktu Lama Ilustrasi. Lari pagi. (Pxabay)

TERASBANDUNG.COM - Memiliki tubuh sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Namun menjalni hidup sehat selalu terasa berat di tengah aktifitas harian yang sibuk.

Namun, bila mampu menjalankan pola hidup sehat, akan menjadi investasi besar untuk hari tua.

Saat memulai pola hidup sehat, pada awalnya akan terasa sulit untuk melakukan perubahan hidup, tetapi hal ini akan memberi manfaat yang luar biasa dalam jangka waktu lama.

Salah satu kendala besar dalam perubahan gaya hidup adalah rasa malas yang timbul serta kebiasaan menyepelekan kesehatan.

BACA JUGA: Wisata Alam Paling Eksotis di Ciwidey, Glamping Lakeside Rancabali, Cek Fasilitas dan Harganya

Tentunya, dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri, jika sudah ada niat maka selanjutnya adalah memiliki kemauan.

Dengan begitu, akan terwujud gaya hidup sehat yang kamu inginkan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai ola hidup sehat?

Berikut 6 cara menjaga gaya hidup sehat yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, dikutip dari Halodoc:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi salah satu tolok ukur dalam menilai hidup sehat. Faktanya, dibutuhkan asupan makanan bergizi seimbang untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang terjaga selalu.

Maka dari itu, penting untuk mengatur apa saja jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini juga akan memengaruhi berat badan yang salah satu syarat hidup sehat adalah memiliki berat badan ideal.

BACA JUGA: Bawa Keluarga ke Floating Market Lembang, Bisa Lakukan 8 Aktivitas Seru Ini Pasti Berkesan

2. Cukup Beristirahat

Perlu diketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena jika tubuh disibukkan dengan banyak aktivitas setiap harinya, tetapi tidak mendapat waktu istirahat yang cukup, maka tubuh akan rentan terkena penyakit.

3. Banyak Minu Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah. Oleh karena dengan meminum air putih, bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui air seni.

Tubuh sangat membutuhkan unsur cairan karena banyaknya aktivitas setiap hari, sehingga kamu sangat dianjurkan untuk minum minimal setidaknya 8 gelas per hari.

4. Rutin Berolahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara menjalani gaya hidup sehat. Karena olahraga membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar.

Berolahraga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.

BACA JUGA: Jangan Asal Tarik Gas Saat Mengendarai Motor Matic di Jalan Menanjak, Ada Triknya

5. Membiasakan Hidup Bersih

Menjaga kebersihan termasuk cara hidup sehat. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati yang baik saat untuk kamu memulai beraktivitas.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Ini karena dalam beraktivitas sehari-hari pastinya kamu memegang banyak benda atau barang-barang yang tidak diketahui kebersihannya.

6. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Kamu harus meninggalkan kebiasaan negatif, seperti merokok dan meminum-minuman berakohol. Ini karena merokok dan minum-minuman berakohol akan mengakibatkan organ-organ di dalam tubuh menjadi rusak.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini