Sebaiknya Makan Sebelum Olahraga atau Sesudahnya? Ini Dia Jawabannya

Sebaiknya Makan Sebelum Olahraga atau Sesudahnya? Ini Dia Jawabannya Ilustrasi. Olahraga lari. (Net)

TERASBANDUNG.COM - Masih banyak orang yang bingung dalam menentukan waktu untuk makan sebelum berolahrag atau sesudahnya?

Secara umum, tidak ada aturan mengharuskan makan sebelum olahraga ataupun sesudah. Semua itu tergantung dari kondisi dan pilihan masing-masing orang.

Makan sebelum atau sesudah olahraga memiliki keutamaan yang sama-sama baik, tergantung pada kondisi fisik setiap orang.

Beberapa orang mungkin merasa tidak cocok makan sebelum olahraga, karena khawatir merasa begah dan lemas saat bergerak, namun sebagian justru merasa harus makan sebelum olahraga agar mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Baca Juga : Yuk Berolahraga Sepeda Sambil Menikmati Kawasan Summarecon Bandung

Jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga intensitas ringan, maka tidak perlu makan sebelum olahraga.

Berolahraga dengan perut kosong pun akan membantu tubuh membakar lemak sebagai sumber energi. Namun, ini bukan berarti tidak makan sebelum olahraga akan membuat berat badan berkurang.

Sementara itu, jika olahraga yang dilakukan durasinya panjang atau lebih dari satu jam dan intensitasnya cukup berat, maka disarankan untuk makan sebelum berolahraga.

Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan tambahan energi dan membuat performa saat olahraga meningkat.

Baca Juga : Makanan yang Tidak Baik Dimakan Sebelum Tidur

Perlu diingat bahwa jika makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga adalah makanan berat, maka sebaiknya berikan jeda beberapa jam sebelum berolahraga.

Semakin dekat jarak makan dan olahraga, maka sebaiknya porsi makannya juga semakin kecil. Ini dilakukan untuk mencegah begah saat bergerak.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini