Deretan Minuman Khas Indonesia dengan Segudang Manfaat hingga Mendunia

Deretan Minuman Khas Indonesia dengan Segudang Manfaat hingga Mendunia Es Cendol Elizabeth. (Bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Yuk, intip deretan minuman khas Indonesia dengan segudang manfaat yang dapat menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Indonesia memang punya berbagai deretan minuman khas yang tidak kalah nikmat, dan memberi sensasi menyegarkan maupun menghangatkan kaya rempah.

Terbuat dari bahan alami berkualitas, sajian minuman khas Indonesia dapat melepas dahaga sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Saking uniknya, ada minuman khas Indonesia yang telah diakui dunia. Penasaran? Yuk, simak 7 minuman khas Indonesia yang terkenal unik dan lezat seperti dilansir dari laman Kabar BUMN:

Baca Juga : 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Mengisi Libur di Hari Minggu, Biar Lebih Berenergi di Hari Senin

Cendol

Tidak hanya populer di negara sendiri, cendol menjadi salah satu daftar minuman khas Indonesia yang kelezatannya telah diakui dunia.

Identik dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, segelas cendol menjadi minuman favorit di wilayah Asia Tenggara yang dapat melepas dahaga di kala cuaca panas.

Sekoteng

Jika mencari minuman yang menghangatkan tubuh, maka sekoteng merupakan minuman khas Indonesia yang menarik dicoba.

Minuman berbahan dasar jahe, dan dicampur dengan berbagai topping, seperti berbagai kacang, roti dan pacar cina. Sekoteng menjadi minuman pelepas dahaga yang mengenyangkan dan cocok untuk menghangatkan tubuh di malam hari.

Bir pletok

Berikutnya adalah bir pletok, yaitu minuman khas Indonesia identik dengan aromanya harum, serta perpaduan rasa manis dan pedas.

Terbuat dari rempah-rempah terbaik Indonesia, seperti jahe, biji pala, lada, kapulaga, sereh, dan kayu manis. Supaya lebih nikmat, bir pletok paling enak disajikan selagi dingin.

Baca Juga : Perangi Vandalisme, Ratusan Pemuda Turun ke Jalan di Kota Bandung

Wedang uwuh

Minuman khas Indonesia berikutnya adalah wedang uwuh atau populer dengan “wedang sampah”. Wedang uwuh terdiri dari berbagai rempah dan kayu yang direbus menjadi satu.

Berwarna merah bening, serta memiliki cita rasa manis dan pedas. Secangkir wedang uwuh dapat menghangatkan tubuh.

Wedang ronde

Wedang ronde menjadi minuman khas Indonesia yang tidak kalah nikmat. Ciri khas minuman khas Indonesia ini ada pada bola-bola ronde yang terbuat dari tepung ketan, dan dilengkapi kolang-kali, kacang tanah, serta roti tawar.

Disiram kuah jahe hangat, wedang ronde cocok dinikmati saat hujan.

Jamu

Pastinya sudah sangat familier dengan minuman khas Indonesia satu ini, dong? Merupakan minuman asli Indonesia, jamu sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu dari generasi ke generasi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jamu asli Indonesia terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti kunyit, jahe, kencur, hingga temulawak.

Baca Juga : Kenapa Minum Teh Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan, Berikut Ini 3 Alasannya

Teh Talua

Minuman khas Indonesia berikutnya berasal dari Sumatera Barat, yaitu teh talua. Bukan teh biasa, teh talua terbuat dari teh yang diolah dengan telur, gula, dan perasaan jeruk nipis.

Saat pertama kali menyeruput segelas teh talua, Anda akan merasakan cita rasa legit dan nikmat. Cocok untuk menambah stamina setelah seharian beraktivitas.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini