5 Camilan Tradisional dari Singkong, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Mudah dan Praktis

5 Camilan Tradisional dari Singkong, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Mudah dan Praktis

TERASBANDUNG.COM - Luar biasa, singkong bisa diolah menjadi berbagai macam camilan tradisional yang enak dan mengenyangkan.

Singkong pun mengandung karbohidrat, nutrisi, vitamin, mineral dijadikan makanan pokok.

Bila punya rencana untuk mengolah singkong menjadi makanan, berikut rekomendasi beebrapa cemilan yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga : Penting Diketahui, Manfaat Berhubungan Seks Rutin dengan Pasangan

Getuk lindri

Getuk lindri merupakan singkong matang yang dihaluskan lalu beberapa diberi pewarna makanan dan disajikan dengan taburan parutan kelapa. Getuk lindri ini biasa ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Combro dan Misro

Berasal dari Jawa Barat yang sangat dinikmati oleh masyarakat sebagai teman untuk minum teh ataupun sekadar camilan.

Combro dan misro dibuat dari bahan utama yang sama, yaitu parutan singkong. Keduanya terlihat mirip hanya isiannya yang berbeda.

Untuk combro sendiri diisi dengan oncom karena sesuai namanya yaitu combro berasal dari kata oncom di jero yang artinya oncom di dalam.

Sedangkan misro berasal dari kata amis di jero yang artinya manis di dalam. Jadi, misro biasanya berisikan potongan gula merah atau aren.

Baca Juga : Bank bjb Pererat Kerja Sama dengan RSUD Al-Ihsan, Hadirkan Layanan Perbankan hingga Dana Pensiun

Kue Mata Roda

Sesuai namanya, bentuk kue ini bulat seperti roda dan bagian tengahnya diisi pisang, terlihat seperti mata. Kue ini juga dijuluki Kue Mata Sapi. Rasa kuenya perpaduan antara rasa manis dan gurih dari taburan kelapa parut.

Tiwul

Tiwul merupakan makanan yang mirip seperti nasi. Tiwul dapat dijadikan sebagai pengganti makanan pokok, karena memiliki kalori yang lebih rendah dari nasi dan pada masa penjajahan tiwul pernah menjadi makanan pokok sebagian penduduk Indonesia.

Tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan kemudian diolah dan diberi taburan kelapa parut. Tiwul yang biasa dikonsumsi merupakan tiwul dengan rasa manis sedangkan sebagai makanan pokok tiwul tidak dicampur dengan gula.

Baca Juga : Awas, Jangan Anggap Sepele Bila Merasakan Nyeri di Empat Bagian Tubuh Ini

Sawut

Sawut merupakan salah satu jajanan pasar selain getuk, tiwul, dan lain-lain. Sawut terbuat dari singkong yang diparut kasar lalu diberi gula merah dan disajikan dengan parutan kelapa.

Sawut biasa disantap di pagi hari dengan secangkir minuman hangat sebelum memulai aktifitas.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini