Masih Ingat Kelezatan Croffle yang Dulu Viral, Yuk Bikin! Ini Dia Resepnya

Masih Ingat Kelezatan Croffle yang Dulu Viral, Yuk Bikin! Ini Dia Resepnya Croffle adalah jajanan yang pernah viral di media sosial beberapa waktu lalu. (Female Daily)

TERASBANDUNG.COM - Sudahkah kamu mencicipi croffle, hidangan yang sempat bikin heboh karena keunikan dan rasanya yang banyak disukai.

Croffle adalah jajanan yang pernah viral di media sosial beberapa waktu lalu, cemilan yang menggabungkan dua bentuk pastry, yaitu croissant dengan waffle.

Nama croffle berasal dari gabungan croissant dan waffle. Tampilannya seperti waffle dan memiliki kerenyahan mirip croissant menjadi daya tarik sendiri bagi hidangan yang satu ini.

Dilansir dari The Kraze Magazine, croffle awalnya dibuat oleh pastry chef Louise Lennox pada 2017. Karena masih jarang di Indonesia, tak heran bila pembeli harus antre demi menikmati croffle.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Kulit Belang Mudah dan Alami Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Namun kini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahannya sederhana, serta memerlukan 1 alat saja yaitu, waffle maker.

Di bawah ini adalah resep croffle yang bisa Anda jadikan sebagai panduan memasak.

Bahan-bahan

200 ml susu hangat

6 gram ragi

3 sdm gula pasir

290 gram tepung terigu protein tinggi

1/2 sdt garam

150 gram mentega, suhu ruang, pakai semua

Gula secukupnya

Langkah-langkah

Baca Juga : 5 Camilan Tradisional dari Singkong, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Mudah dan Praktis

1. Siapkan semua bahan untuk membuat croffle. Setelah itu, campurkan susu hangat, ragi, dan gula dalam satu wadah. Aduk rata dan tutup wadahnya. Diamkan selama 5-10 menit.

2. Siapkan wadah lain. Campurkan tepung terigu dan garam di dalamnya. Aduk hingga tercampur dengan rata.

3. Ambil campuran ragi dan aduk sebentar. Masukkan ke dalam campuran tepung secara perlahan-lahan sambil diaduk dengan menggunakan sumpit atau spatula.

4. Jika sudah agak menyatu, keluarkan adonan ke atas talenan besar dan uleni adonan sampai merata dan hingga menyatu selama 5 menit. Lalu, dorong-dorong adonan maju-mundur. Masukkan ke dalam wadah yang sudah diolesi minyak, tutup dengan plasti wrap, dan proofing selama 1 jam.

5. Setelah itu, taburi talenan dengan sedikit tepung terigu. Taruh adonan yang sudah mengembang di atasnya. Pipihkan adonan hingga tipis atau sebesar 45 x 55 cm. Pastikan ketipisan adonan merata.

6. Kemudian, olesi adonan dengan mentega yang sudah didiamkan pada suhu ruang. Pastikan seluruh adonan tertutup dengan mentega. Ratakan mentega pada seluruh sisi.

7. Lalu, bagi adonan menjadi empat bagian dan susun merata. Jika sudah, lipat adonan sebanyak 3 kali. Lapisi adonan dengan plastic wrap dan taruh ke dalam freezer selama 45-60 menit. Jangan lupa untuk membalik adonan saat di pertengahan waktu.

8. Setelah 45-60 menit, keluarkan adonan dari dalam freezer. Keluarkan juga adonan dari plastic wrap. Pipihkan kembali adonan dengan cara ditekan perlahan-lahan. Pipihkan adonan hingga membentuk jajar genjang.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Paling Hits di Kota Bandung

9. Bagi adonan menjadi 10 bagian dengan membentuk segitiga. Lalu, ambil adonan satu per satu. Bagi dua bagian adonan yang lebar, tarik sedikit bagian atasnya. Tarik sedikit juga bagian bawah dan gulung-gulung adonan. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan selama 15-20 menit.

10. Kemudian, olesi adonan dengan sedikit air. Gulingkan adonan ke dalam wadah berisi gula. Lakukan hingga adonan habis.

11. Siapkan cetakan waffle. Jika tidak memakai cetakan waffle elektrik, panaskan kedua sisinya terlebih dahulu. Taruh adonan sebanyak bagian cetakan yang tersedia. Tutup cetakan hingga rapat dan panggang adonan hingga kecokelatan. Angkat, sajikan.

Itulah resep croffle yang dapat Anda jadikan sebagai panduan memasak di rumah. Selamat mencoba!***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini