7 Cara Mengatasi Kulit Belang Mudah dan Alami Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

7 Cara Mengatasi Kulit Belang Mudah dan Alami Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Kulir belang. (Halodoc)

TERASBANDUNG.COM - Kulit belang ada yang bisa diatasi dan ada yang tidak bisa alias permanen. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mencoba mengatasi kulit belang, ketahui dulu penyebabnya.

Hal ini karena cara menghilangkan kulit belang di kaki atau bagian tubuh lainnya tergantung dari penyebabnya.

Cara mengatasi kulit yang belang bisa dilakukan baik secara alami maupun dengan perawatan dari dokter.

Di bawah ini beberapa cara mengatasi kulit belang secara alami yang bisa kamu coba, dikutip dari laman Qoala.

Baca Juga : 5 Camilan Tradisional dari Singkong, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Mudah dan Praktis

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Jalankan pola hidup sehat eksfoliasi secara rutin karena tindakan ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi kulit belang.

Eksfoliasi dengan scrub ini bisa dilakukan baik dengan bahan alami maupun produk kecantikan tertentu yang ada di pasaran.

Cara mengatasi kulit belang di tangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus mengembalikan warna kulit yang belang dan kusam agar terlihat lebih cerah dan sehat.

Dalam melakukan eksfoliasi kulit ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

Setelah melakukan eksfoliasi ada baiknya hindari dulu paparan sinar matahari secara langsung karena kulit menjadi lebih lebih sensitif.

Ada baiknya juga gunakan sunscreen jika ingin beraktivitas di luar ruangan lalu cek berapa lama kulit belang kembali normal setelah melakukan eksfoliasi ini.

2. Oleskan Lidah Buaya untuk Mencegah Produksi Melanin

Mengoleskan lidah buaya juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan kulit belang secara alami.

Dalam studi yang dimuat pada International Journal of Pharmacognosy menyebutkan bahwa lidah buaya bisa menghambat produksi melanin sekaligus mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan aloin yang ada di lidah buaya yang diyakini mampu menghambat produksi melanin pada kulit.

Dengan mengoleskan lidah buaya secara rutin bisa menjadi cara menghilangkan kulit belang di wajah akibat memakai jilbab sehingga warna kulit wajah menjadi lebih cerah rata kembali.

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi kulit belang ini bisa kamu peroleh dengan mengoleskan tumbuhannya secara langsung atau bisa juga menggunakan produk gel aloe vera yang banyak terdapat di pasaran.

Baca Juga : 10 Cara Pola Hidup Sehat Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

3. Gunakan Produk Pencerah Kulit

Menggunakan produk pencerah kulit juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan belang di wajah dalam 1 hari.

Saat ini ada banyak produk skincare yang menawarkan hasil mencerahkan kulit dengan instan termasuk untuk mengatasi kulit belang.

Akan tetapi perlu kamu perhatikan, bahwa tidak semua kandungan skincare aman untuk kulit sehingga harus selektif saat memilihnya.

Menurut American Academy of Dermatology, ada beberapa kandungan bahan aktif dalam skincare yang aman untuk mencerahkan kulit belang dan kusam, antara lain:

Vitamin C

Azelaic acid

Glycolic acid

Kojic acid

Retinoid

Beberapa kandungan yang terdapat dalam produk untuk menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki ini diyakini mampu mencerahkan kulit sekaligus menghambat produksi melanin yang membuat kulit menjadi lebih gelap.

Hindari memilih produk pencerah kulit yang mengandung merkuri atau steroid karena bisa berbahaya dan merusak kulit.

Untuk mendapatkan skincare pencerah kulit yang tepat, tidak ada salahnya konsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit atau kecantikan terlebih dahulu.

4. Manfaatkan Kunyit Sebagai Cara Mengatasi Kulit Belang

Tahukah kamu bahwa kunyit ternyata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang di tangan atau bahkan di wajah.

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit dipercaya ampuh untuk mencerahkan kulit secara alami.

Sebuah studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat dalam kunyit bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Tidak hanya itu, studi lain juga menemukan bahwa manfaat kunyit lainnya, yakni bisa meningkatkan hidrasi kulit serta melindungi minyak alaminya.

Untuk menjadikan kulit sebagai cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari, kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan menggunakan beberapa tetes air perasan jeruk lemon.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga menyerupai pasta masker kemudian oleskan pada bagian kulit yang belang. Selanjutnya diamkan selama 30 menit dan bilas hingga benar-benar bersih.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Paling Hits di Kota Bandung

5. Coba Pakai Masker Pepaya dan Madu

Pepaya dan madu yang dicampur menjadi masker ternyata juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan belang di wajah secara cepat.

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dipercaya mampu membantu mengatasi kulit belang. Sedangkan madu bagus untuk membuat kulit tetap kenyal.

Untuk membuat masker ini, kamu bisa menghaluskan 1 sampai 2 sendok makan pepaya matang ke dalam mangkok.

Selanjutnya campurkan dengan 1 sampai 2 sendok makan madu dan aduk sampai rata hingga teksturnya menjadi seperti pasta.

Oleskan masker yang telah jadi pada wajah, tangan, leher, kaki atau bagian kulit yang belang dan diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.

6. Manfaatkan Jus Kentang

Cara mengatasi masalah kenapa muka belang yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jus kentang.

Ekstra jus kentang dipercaya mampu mengatasi kulit tangan yang belang serta lingkaran hitam yang muncul setelah berjemur di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk membuat jus kentang sebagai pencerah ini cukup mudah. Kamu hanya perlu haluskan kentang menggunakan blender kemudian oleskan pada bagian kulit yang belang atau gelap.

Diamkan masker selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Baca Juga : Alami Tumit Pecah-pecah, Jangan Anggap Sepele Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

7. Gunakan Teh Hitam

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Toxicological Research, teh hitam juga dipercaya mampu mencerahkan kulit yang belang.

Tidak heran jika beberapa skincare untuk kulit belang mencampurkan ekstrak teh hitam sebagai salah satu bahan utamanya.

Manfaat teh hitam untuk mencerahkan kulit ini telah diuji coba pada hewan yang berwarna coklat.

Meskipun demikian, hingga saat ini manfaat teh hitam untuk mencerahkan kulit belang ini masih dilakukan penelitian secara lebih mendalam untuk memastikan efektivitasnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini