Delegasi PSSI Jajaki Kerja Sama dengan KNVB, Ajax dan Feyenoord

Delegasi PSSI Jajaki Kerja Sama dengan KNVB, Ajax dan Feyenoord Delegasi PSSI jajaki kemungkina bekerja sama dengan KNVB, Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam. (PSSI)

TERASBANDUNG.COM - Seperti kata pepatah sambil menyelam minum air, delegasi PSSI berupaya mencari kesempatan menimba ilmu di negeri kincir angin, Belanda.

Delegasi PSSI yang diwakili oleh Direktur Teknik Indra Sjafri, Coach Jongjin Kim, dan Utusan Khusus Hamdan Hamedan mengunjungi KNVB baru-baru ini.

Tujuan delegasi PSS ini selain memantau pemain keturunan juga menjajaki kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) serta dua klub Belanda yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Di sana delegasi PSSI disambut oleh Manejer Hubungan Internasional Michael van der Star serta kedua koleganya yang membidangi tim nasional dan pemasaran.

Baca Juga: Daftar 34 Pemain yang Dipanggil Shina Tae-yong, Mulai Persiapan untuk Pemusatan Latihan di Eropa

Selain bertukar ide terkait best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita dan Pengelolaan Timnas, kedua pihak juga menjajaki potensi training camp di Belanda serta pertandingan uji coba antara tim U-20 Indonesia melawan tim U-20 Belanda.

“Klub berperan kunci, lewat scouting network, dalam mencari pemain di Belanda dengan mengerahkan banyak scout ke berbagai pertandingan usia muda. Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih,” ujar Indra Sjafri dilansir dari laman resmi PSSI.

Selain itu, delegasi PSSI mengadakan pertemuan dengan dua klub papan atas Belanda yakni Ajax dan Feyenoord.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Tahun 2023 Tetap Digelar di Indonesia, Begini Penjelasan Menpora

Pembahasan dengan dua klub tersebut mencakup pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola, dan potensi pemain Indonesia bermain di kedua klub tersebut.

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana,” pungkas Indra Sjafri.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini