Yuk Simak Plus Minus Buah Mangga yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Yuk Simak Plus Minus Buah Mangga yang Bisa Menurunkan Berat Badan Ikustrasi buah Mangga yang kaya manfaat. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Selain enak dan bergizi, ternyata mengonsumsi mangga bisa membantu menurunkan berat badan bila dimakan dengan jumlah yang tepat.

Untuk mendapatkan berat badan yang sehat, kamu direkomendasikan untuk makan mangga setidaknya 250-300 gram per hari.

Mangga juga dapat bantu turunkan berat badan karena di dalam daging dan kulit mangga mengandung fitokimia yang disebut polifenol.

Senyawa ini dapat mengganggu dan menekan adipogenesis, yakni proses tumbuh kembang jaringan lemak, sehingga mengurangi jumlah lemak yang diproduksi dalam tubuh.

Baca Juga: Rahasia Cara Diet Telur, Turun 12 kg Dalam 2 Minggu, Segera Lakukan!

Selain menekan adipogenesis, polifenol pada mangga juga dapat membantu membakar lebih banyak lemak sehingga menghasilkan penurunan berat badan. Mangga juga membantu kenyang lebih lama, sebab mangga terdiri dari 83 persen air dan serat.

Kedua kombinasi ini membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi lapar. Karena membuat kenyang lebih lama, ini membantu menurunkan asupan kalori.

Meskipun manis dan memiliki jumlah karbohidrat dan gula yang moderat, mangga adalah buah yang rendah kalori. Dalam 100 gram penyajian, mangga hanya memiliki 60 kkal.

Jadi, mengganti makanan penutup atau camilan tidak sehat dengan satu porsi mangga dapat membantu kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Baca Juga: Manfaat Lain Memiliki Akuarium di Rumah Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Dilansir ddari halodoc, mMeskipun manfaatnya signifikan untuk penurunan berat badan, tetap saja perlu membatasi kalori mangga yaitu 250-300 gram per hari, ini alasannya.

1. Mangga dapat Meningkatkan Gula Darah

Buah ini memiliki gula alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

2. Mangga dapat Menyebabkan Alergi

Buah ini memiliki protein yang sangat mirip dengan lateks dan yang mungkin menjadi penyebab alergi bagi banyak orang. Alergi mangga dapat menyebabkan gatal, dan kemerahan pada kulit. Bahkan dalam kasus yang parah, ia dapat menyebabkan masalah pernapasan.

3. Mangga Tetap Dapat Menyebabkan Penambahan Berat Badan

Buah mangga yang dimakan dalam jumlah banyak memiliki tinggi kalori sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kehadiran gula bersama dengan kalori tinggi dapat meningkatkan berat badan. Itulah mengapa kamu disarankan untuk membatasi jumlah mangga yang dimakan dalam sehari.

Selain membantu menurunkan berat badan, berikut ini adalah beberapa manfaat mangga.

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang paling terkenal dari mangga adalah kemampuannya untuk melawan kanker. Kandungan mangiferin xanthone dalam mangga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini melindungi tubuh dari kanker paru-paru, otak, payudara, leher rahim, dan prostat, serta leukemia.

2. Baik untuk Pengidap Diabetes Bila Tidak Dimakan Berlebihan

Mangga memiliki indeks glikemik rendah (sekitar 50), yang berarti mangga akan melepaskan gula ke dalam darah secara perlahan. Proses ini dapat mencegah lonjakan tiba-tiba kadar glukosa darah, yang membantu pengidap diabetes.

Serat makanan dalam mangga juga membantu mengatur kadar gula darah. Begitu juga mangiferin dalam mangga yang memiliki potensi antidiabetes.

3. Baik untuk Pencernaan

Mangga kaya akan amilase yang membantu dalam pemecahan molekul makanan besar, sehingga meningkatkan penyerapannya dalam tubuh. Dengan demikian, mangga baik untuk pencernaan, dimana kandungan serat makanannya membantu membersihkan usus.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangga kaya akan vitamin A yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Mangga juga mengandung vitamin C dalam jumlah sedang sehingga bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan berbagai infeksi dan penyakit dengan memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih.

5. Melawan Kolesterol Jahat dan Penyakit Jantung

Mangga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh, karena tingginya jumlah serat makanan dan vitamin C.

Mangga juga kaya akan pektin, serat yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah. Dengan demikian, mangga menunjukkan efek perlindungan pada jantung.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini