5 Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan Orang Tua Saat Anak Demam

5 Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan Orang Tua Saat Anak Demam Demam merupakan tanda masuknya kuman pada tubuh anak. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Demam pada anak merupakan gangguan yang rentan terjadi saat mereka berusia 12 hingga 18 bulan. Kondisi ini merupakan respons pertahanan ketika tubuh terpapar kuman penyebab penyakit.

Normalnya, kuman penyebab penyakit akan dibasmi oleh kekebalan tubuh. Namun, anak-anak belum memiliki sistem imun yang baik, sehingga kondisi demam tidak bisa dihindari.

Ibu bisa melakukan pertolongan pertama guna mencegah suhu demam semakin meningkat. Di antaranya memberikan banyak cairan, jangan menyelimutinya, mengompres air hangat dan mengistirahatkan anak.

Dilansir dari halodoc ini pertolongan pertama yang bisa dilakukan orang tua saat anak demam.

Baca Juga: Ciri Gejala Mata Silindris dan Cara Cepat Mengatasinya

1. Memberikan Banyak Cairan

Anak cenderung enggan makan dan minum ketika mengalami demam. Padahal, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk membantu menetralisir suhu panas dan mencegah dehidrasi.

Asupan cairan yang lebih banyak juga diperlukan ketika demam disertai dengan muntah atau diare. Kondisi ini bisa membuat tubuh anak kehilangan banyak air dan berujung pada dehidrasi.

Selain air putih, ibu bisa memberikan asupan cairan melalui sup, jus buah tanpa guna atau makanan berkuah lain yang disukai oleh anak. Berikan sesering mungkin sampai demamnya mereda.

Baca Juga: Geger Penyakit Ginjal Akut Anak, Polri Siap Tarik Peredaran Obat yang Diduga Jadi Penyebabnya Lengkap dengan Daftarnya

2. Jangan Menyelimutinya

Menutupi anak dengan selimut dan pakaian tebal bisa memerangkap udara panas dalam tubuh. Akibatnya, demam tak kunjung membaik bahkan suhu badan anak bisa saja menjadi semakin meningkat.

Jadi, sebaiknya pakaian mereka pakaian yang tipis dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Jika anak terlihat kedinginan atau menggigil, ibu bisa memberikannya air hangat.

3. Kompres Air Hangat

Cara ini dilakukan jika penyebab demam adalah infeksi virus. Memberikan kompres dengan air hangat dapat langsung terserap masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, suhu panas badan bisa berkurang.

Hindari kompres menggunakan air dingin. Sebab, air dingin berpotensi memperkecil pembuluh darah di permukaan kulit. Akibatnya, suhu panas yang semestinya dialirkan darah ke kulit dan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat jadi terhambat.

4. Memberikan Makanan Hangat

Makanan hangat, seperti sup ayam atau bubur dapat membantu menjaga stamina tubuh anak tetap fit. Jangan lupa untuk menambah asupan buah-buahan dengan kandungan vitamin C, seperti jeruk, stroberi, mangga, pepaya atau pisang.

Sebab, vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan bakteri atau virus penyebab demam pada anak. Makanan tersebut juga bisa mempercepat proses pemulihan penyakit.

5. Istirahatkan Anak

Saat suhu tubuh anak sedang naik, pastikan mereka mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mengembalikan energi yang dihabiskan kekebalan tubuh guna melawan infeksi.

Tidur juga efektif membantu menghilangkan stres akibat sakit. Selama tidur, tubuh memproduksi kembali sel-sel yang telah hilang. Salah satunya adalah sel darah putih yang berfungsi melawan bakteri dan virus dalam tubuh.

Namun jika demam tetap terjadi dalam waktu lebih dari 24 jam, apalagi jika suhu tubuhnya mencapai 40 derajat Celsius sangat disarankan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini