Yuk! Pelihara Motor Matic dengan Mengganti Komponen Ini Secara Berkala

Yuk! Pelihara Motor Matic dengan Mengganti Komponen Ini Secara Berkala Ilustrasi motor matic yang harus dirawat. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Merawat motor dengan baik, artinya perlu memperhatikan setiap komponen motor dan wajib diganti secara berkala.

Penggantian yang dilakukan secara rutin jelas berpengaruh pada keselamatan pengguna dan kesehatan si motor.

Memerhatikan komponen motor matic yang harus diganti secara berkala penting sekali dilakukan.

Apalagi jika motor kerap dibawa melakukan perjalanan jauh. Performa motor matic harus selalu dijaga agar bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama juga.

Baca Juga: Tips Mengetahui SPBU Curang saat Isi BBM, Salah Satunya Menggoyangkan Tangki Bahan Bakar

Disarikan dari berbagai sumber, inilah bagian-bagian yang wajib diperhatikan pada komponen motor matic

1. Ban

Ban memang tidak memengaruhi kerja mesin, tetapi akan memengaruhi keselamatan pengguna. Ban yang sudah aus pasti memperbesar risiko mudah tergelincir. Perhatikan pattern dan tekstur ban. Pastikan menggantinya paling tidak tiga tahun sekali atau batas maksimal pemakaian 40.000 km.

2. Oli

Oli mesin termasuk komponen motor matic yang wajib diganti berkala. Oli menjadi komponen penting sebagai pelumas mesin.

Tanpa pelumas, pastilah motor tak bisa berjalan karena kerja mesin terhambat. Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki peran sebagai pendingin sepeda motor.

Pilihlah kekentalan oli yang disesuaikan dengan spesifikasi motor matic. Lakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali, namun lebih baik diganti setiap bulan.

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi pada Kendaraan Jika Sering Gonta-Ganti BBM

3. Busi

Peran utama busi adalah sebagai komponen utama pengapian motor matic yang berfungsi untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran. Dan pembakaran dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar.

Busi merupakan komponen motor matic yang sangat vital. Pabrik motor juga merekomendasi untuk mengganti busi setelah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km sampai 50.000 km.

4. Aki

Aki berperan mengatur kelistrikan motor matic. Jadi, cukup wajar jika aki masuk komponen motor yang perlu diganti secara berkala. Motor matic pasti akan mogok jika aki bermasalah dan tidak segera diganti. Aki yang terawat dan normal, pasti akan membuat motor matic bekerja dengan maksimal.

Aki motor matic biasanya bertahan sepanjang 3-4 tahun, ini juga sangat bergantung pada pemakaian motor. Apalagi motor matic menggunakan aki basah, pastikan kondisi airnya stabil. Siasati dengan lebih rajin mengecek kondisi aki setiap bulan.

5. Lampu

Ini terdengar sangat sepele dan bukan masalah serius. Sebab lampu tidak memengaruhi kerja mesin motor. Padahal lampu sebenarnya termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Lampu yang mati pasti akan memengaruhi pengguna sepeda motornya. Taruhannya nyawa dan sangat berisiko membahayakan keselamatannya di jalan saat menggunakannya. Pastikan untuk mengganti lampu setiap 1.5-2 tahun sekali.

6. Kampas Rem

Kampas rem yang sudah aus akan memengaruhi kinerja motor matic dan dapat berbahaya digunakan jika remnya tak berfungsi dengan baik.

Lakukan pemeriksaan pada kaki-kaki kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki usia pakai yang pendek. Misalnya saja seperti tie rod, suspensi, dan bushing.

6. Filter

Filter motor matic yang bermasalah akan bisa merusak motor matic secara perlahan-lahan.

Filter ini adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan yang rata-rata usianya pendek dan harus diganti ketika sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

6. Van Belt

Ini disebut sebagai komponen penunjang dalam performa motor matic. Tak heran jika van belt termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Apalagi debu pada filter udara saat motor sedang berjalan akan sangat mempengaruhi usianya. Siapkan dana untuk mengganti v-belt setiap perjalanan sudah menempuh 25.000 km.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini