Tips Paling Ampuh Menghindari Penyakit Saat Musim Hujan

Tips Paling Ampuh Menghindari Penyakit Saat Musim Hujan Ilustrasi. Kehujanan. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Batuk dan pilek adalah penyakit yang sering muncul saat pergantian musim, karena itu jangan biarkan aktivitasmu terganggu akibat penyakit ‘khas’ musim hujan itu.

Karena itu yuk ikuti tips berikut agar bebas sakit selama musim hujan seperti disadur dari laman Listerine:

Jangan Malas Cuci Tangan

Biasanya, kita hanya mencuci tangan kalau tangan terlihat kotor. Padahal, tangan yang ‘tampak’ bersih bukan berarti bebas kuman, lho! Tangan bisa menularkan penyakit dari aktivitasnya yang selalu bersentuhan dengan banyak hal.

Karena itu, hilangkan kebiasaan malas mencuci tangan kalau nggak mau bakteri dan virus hinggap di tubuhmu. Dengan rajin mencuci tangan, berbagai jenis penyakit akibat virus, termasuk batuk dan pilek, dapat dihindari.

Baca Juga : Genjot Sektor Pariwisata, Pemkot Bandung Rilis Calendar of Event 2023

Don’t Touch Your Face!

Virus penyebab batuk dan pilek dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan tangan kita, lho. So, hindari menyentuh wajahmu saat beraktivitas, terlebih dengan tangan yang kotor!

Jika terpaksa harus menyentuhnya, lapisi tangan dengan tisu sebelum menyentuh wajahmu agar kotoran tangan nggak berpindah ke wajah.

Kurangi Jajan Sembarangan

Setiap keluar rumah, rasanya kita selalu tergoda untuk jajan street food! Terutama, jajan makanan manis yang kadar gulanya tinggi sebagai penyebab gigi berlubang.

Selain itu, jajanan pangan di sekitar kita banyak yang nggak aman akibat pencemaran mikroba, bahan-bahan kimia, hingga penyalahgunaan bahan berbahaya seperti formalin dan boraks.

Nah, saat terjadi perubahan cuaca, virus dan bakteri lebih banyak berkembang biak, termasuk pada jajanan pinggir jalan. Karena itu, kurangi jajan sembarangan untuk terhindar dari berbagai penyakit, termasuk batuk dan pilek.

Baca Juga : 10 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh dan Otak

Minum Teh Hangat

Minum teh hangat di musim hujan memang nikmat! Selain menghangatkan tubuh, ternyata teh mampu membantu merawat gigi berlubang, lho.

Kandungan polifenol pada teh efektif membunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak inilah yang menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah pada gusi.

Selain bermanfaat untuk gigi, beberapa jenis teh juga mampu meredakan penyakit umum musim hujan, seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan.

Salah satunya adalah teh hitam yang mengandung zat anti-peradangan sehingga ampuh mengurangi radang di tengorokan dan penyebab pilek.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini