Bernarkah Kopi Bisa Bikin Bau Mulut? Ini Dia Jawabannya

Bernarkah Kopi Bisa Bikin Bau Mulut? Ini Dia Jawabannya Ilustrasi mitos kafeian yang terkandung dalam kopi/pixabay

TERASBANDUNG.COM - Tahukah kamu, kalau ternyata kopi yang nikmat itu bisa jadi salah satu penyebab bau mulut?

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memperlambat produksi air liur yang menyebabkan mulut kering.

Ketika mulut kita kering, bakteri dapat bertumbuh dengan cepat dan menyebabkan bau mulut lebih mudah muncul.

Kandungan sulfur yang tinggi dalam kopi pun menyebabkan bau mulut. Jika kebersihan mulut kita kurang terjaga, dikombinasikan dengan bau tidak sedap lainnya yang ada dalam mulut, maka bau tajam dari kopi dapat memperburuk bau mulut.

Baca Juga : Tips Paling Ampuh Menghindari Penyakit Saat Musim Hujan

Disadur melalui laman Listerine, bila kamu termasuk orang yang sangat suka dengan kopi dan merasa tidak mungkin menghilangkan ritual minum kopi dari hari-harimu, ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh kopi ini.

Jaga kebersihan mulutmu

Cara paling ampuh untuk menghindari bau mulut yang disebabkan oleh kopi adalah dengan menjaga kebersihan mulut.

Menggosok gigi minimal dua kali sehari (pagi, setelah makan, dan sebelum tidur) dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan zinc merupakan salah satunya.

Fluoride dan Zinc diketahui dapat menghambat pembentukan plak yang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri di mulut.

Baca Juga : Yuk dari Sekarang Kenali Tanda Anemia Ini agar Tak Terlambat Ditangani

Rajin berkumur dengan mouthwash

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup, untuk menjaga kebersihan gigimu! Menyikat gigi ternyata hanya membersihkan area mulutmu sebanyak 25% saja. Lalu, bagaimana cara membersihkan mulut kita dengan maksimal?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan berkumur secara rutin. Berkumur juga tidak bisa sembarangan, karena cara yang tepat adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash setelah kamu minum kopi.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini