4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Sakit gigi. (Pixabay)

TERSABANDUNG.COM - Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi memiliki lubang yang disebabkan plak yang menempel di gigi dan dibiarkan dalam waktu yang lama.

Plak ini bisa bertumbuh atau berubah komposisinya seiring dengan berjalannya waktu. Jadi semakin menumpuk dan matangnya plak, maka tingkat keganasannya juga meningkat.

Plak yang tidak dihilangkan akan menimbun bakteri di gigi dan gusi, yang akan menghasilkan asam. Nah, asam inilah yang berperan merusak gigi dengan mengikis email sehingga gigi jadi lebih cepat keropos dan berlubang.

Kalau dibiarkan lebih lama lagi, plak bisa menjadi racun yang menyebabkan gingivitis atau radang gusi.

Baca Juga : Bernarkah Kopi Bisa Bikin Bau Mulut? Ini Dia Jawabannya

Penyebab gigi berlubang lainnya adalah kurangnya mineral gigi atau flouride seseorang.

Sedangkan fluoride ini adalah kandungan mineral yang mampu memberikan perlindungan lebih pada lapisan gigi agar tidak cepat keropos dan berlubang.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa sakit jika kamu belum sempat ke dokter.

Dilansir melalui laman Listerine, Ini 3 cara atasi sakit gigi berlubang secara alami!

1. Gunakan minyak cengkeh

Cengkeh dipercaya dapat mengatasi sakit yang disebabkan gigi berlubang. Kandungan zat antioksidan dan nutrisinya dapat meredakan nyeri sakit gigi dan membunuh kuman serat bakteri penyebab sakit gigi.

2. Rebusan daun jambu biji

Cara lainnya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun jambu biji yang sudah dicampur dengan garam. Daun jambu biji mengandung analgesik dan antimikroba yang berguna untuk mengurangi rasa sakit di gigi dan gusi.

Baca Juga : Tips Paling Ampuh Menghindari Penyakit Saat Musim Hujan

3. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam juga dikenal sebagai cara atasi sakit gigi berlubang secara alami sejak lama. Kandungan Sodium yang tinggi bisa bantu basmi bakteri yang sebabkan gigi berlubang dan garam juga berguna sebagai antiseptic bagi mulut.

4. Kumur dengan mouthwash secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, betul? Jika gigi berlubangmu sudah disembuhkan, ada baiknya kalau kamu mulai melakukan beberapa pencegahan untuk terjadinya lagi gigi berlubang.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini