3 Manfaat Luar Biasa Siwak Untuk Mulut Kamu

3 Manfaat Luar Biasa Siwak Untuk Mulut Kamu Manfaat Luar Biasa Siwak. (BMT UGT)

TERASBANDUNG.COM - Siwak atau miswak merupakan bagian dari ranting atau akar Salvadora persica, yaitu tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Afrika, dan juga Asia.

Budaya membersihkan gigi dengan siwak atau miswak pun sudah dilakukan sejak zaman dulu, bahkan sejak 7000 tahun yang lalu.

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa siwak dipercaya sekian lama untuk menjaga kebersihan gigi.

Siwak memiliki kandungan yang cukup lengkap untuk merawat kesehatan mulut kita, antara lain klorin, fluorida, antibakteri, essential oil, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Tips Paling Ampuh Menghindari Penyakit Saat Musim Hujan

Dengan banyak kandungan baik dalam 1 batang siwak, pastinya diikuti dengan manfaat yang baik juga untuk mulut kita.

Berikut ini 3 manfaat ekstrak siwak, yang biasa digunakan sebagai obat kumur:

1. Melindungi gigi dari berbagai bakteri jahat

Salah satu penyebab gigi berlubang dan gusi berdarah adalah plak gigi yang disebabkan oleh menumpuknya sisa-sisa makanan akibat tidak membersihkan mulut dengan maksimal.

Tumpukan sisa makanan ini akhirnya menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang dan masalah mulut lainnya.

Siwak sendiri memiliki kandungan antibakteri alami yang dapat membantu kamu mencegah gigi berlubang dan melindungi gigi dari bakteri jahat yang menyebabkan masalah mulut.

Siwak juga mampu membasmi bakteri yang sebabkan penyakit gusi dan radang gusi, serta mencegah munculnya plak gigi.

2. Merangsang pembentukan saliva dalam mulut

Tahukah kamu kalau mulut yang kering dan memproduksi sedikit saliva atau air liur itu cenderung lebih mudah terkena penyakit mulut? Mulai dari radang gusi, gusi berdarah, sampai bau mulut tak sedap.

Sedangkan peran saliva sendiri menjadi penting karena saliva merupakan organik mulut yang memiliki fungsi melindungi dan membersihkan mulut dari bakteri oral dan sisa-sisa makanan.

Siwak sendiri memiliki kandungan minyak esensial yang mampu merangsang produksi saliva itu sendiri. Artinya apa?

Artinya, semakin banyak saliva yang dihasilkan, maka semakin sulit bagi bakteri jahat untuk berkembang di dalam mulut kita. Secara tidak langsung, mulut kita akan semakin jauh dari berbagai penyakit mulut dan gusi.

Baca Juga : Bernarkah Kopi Bisa Bikin Bau Mulut? Ini Dia Jawabannya

3. Menjaga warna alami gigi dan bau mulut alami

Menggunakan ekstrak siwak sebagai obat kumur juga dapat menjaga warna alami gigi dan bau mulut.

Seperti tumbuhan pada umumnya, siwak juga memiliki wangi segar alami yang dapat membantu kita mempertahankan bau mulut tetap segar.

Selain itu, kandungan silika yang ada membuat siwak mampu menghilangkan noda akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman berwarna.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini