Begini Cara Mengatasi Panas Dalam yang Mudah dan Alami

Begini Cara Mengatasi Panas Dalam yang Mudah dan Alami Ilustrasi. Panas dalam. (Freepik.com)

TERASBANDUNG.COM - Pada dasarnya, cara mengatasi panas dalam tidak selalu memerlukan obat-obatan yang merujuk pada suatu penyakit.

Sebagai penanganan awal, bisa melakukan sejumlah cara meredakan panas dalam berikut ini sebagaimana disaur melalui laman Sehat Aqua.

1. Hindari Paparan Asap

Cara mengatasi panas dalam yang pertama adalah cobalah hindari paparan asap, seperti asap kendaraan atau rokok. Sebab, hal ini dapat membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan semakin parah.

Jika memang sedang di luar rumah, Anda sebaiknya menggunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan.

Baca Juga : 7 Aplikasi Android Terbaik, Paling Berguna di Tahun 2022 Hingga 2023 Nanti

2. Istirahat Cukup

Istirahat cukup juga bisa menjadi cara mengatasi panas dalam. Beristirahat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga dapat melawan serangan kuman penyebab infeksi.

3. Konsumsi Makanan yang Membuat Tenggorokan Nyaman

Untuk meredakan rasa kurang nyaman di tenggorokan, Anda disarankan mengonsumsi sejumlah jenis makanan yang tak memperburuk kondisi tersebut.

Misalkan, sup hangat, buah semangka, teh hijau, dan semacamnya. Lalu, hindarilah makanan pedas, berminyak, dan asam agar nyeri tenggorokan tidak semakin parah.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara mengatasi panas dalam yang cukup efektif, terutama jenis makanan dengan kandungan vitamin C tinggi.

Contohnya seperti pisang, wortel, tomat, brokoli atau pepaya. Vitamin C akan membantu tubuh Anda menangkal radikal bebas penyebab infeksi dan meningkatkan daya tahan.

5. Madu Murni

Selama ini, madu murni dikenal menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh, termasuk sebagai cara mengatasi panas dalam.

Madu sendiri bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas, menjaga sistem pencernaan, meredakan batuk, dan lain-lain.

Anda bisa mengonsumsinya satu sendok secara langsung atau mencampurkannya dengan segelas air hangat.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam di Bandung, Bakal Terus Hits Hingga 2023

6. Kumur Air Garam

Cara mengatasi panas dalam lainnya adalah berkumur dengan larutan garam. Hal ini diketahui dapat membantu meredakan sariawan dan sakit tenggorokan.

Anda tinggal mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur sambil mendongak selama 20 sampai 30 detik, lalu buang.

7. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut atau oral hygiene dapat dilakukan dengan rutin sikat gigi di pagi dan ketika hendak tidur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat kumur antiseptik.

Dengan oral hygiene yang baik, kolonisasi bakteri di rongga mulut penyebab infeksi dapat dicegah.

Baca Juga : DPMPTSP Kota Bandung Gelar Lomba Foto MPP, Hadiah Total Belasan Juta Rupiah

8. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab panas dalam adalah dehidrasi. Hal tersebutlah yang membuat bibir Anda pecah-pecah dan tenggorokan kering.

Cara mengatasi panas dalam ini tidak lain ialah dengan memperbanyak minum air putih atau sekitar 2 liter setiap hari.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan tersebut, tubuh pun akan jauh lebih optimal dalam mempertahankan metabolisme dan kinerja organ.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini