Mampu Buat Harum Negara, Hal ini yang Diminta Yana Mulyana Dari KONI Kota Bandung

Mampu Buat Harum Negara, Hal ini yang Diminta Yana Mulyana Dari KONI Kota Bandung Yana Mulyana bersama Ketua KONI Kota Bandung. (Pemkot Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Tak bisa dipungkiri atlet-atlet Kota Bandung mampu membuat harum nama negara di berbagai ajang olahraga.

Prestasi olahraga atelt-atlet dari Kota Bandung pada beberapa tahun belakangan cukup membanggakan di tingkat nasional maupun internasional.

Tak aneh jika KONI Kota Bandung menjadi penyuplai atlet-atlet diberbagai cabang olahraga untuk Indonesia.

"Kondisi ini menjadi bukti bahwa atlet kota Bandung sangat luar biasa. Bisa mengangkat nama Kota Bandung ketika bertanding di level nasional, bahkan internasional," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara Rapat Kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung, di Hotel Grand Pasundan, Kamis 29 Desember 2022.

Baca Juga: M Budiana Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Jawa Barat Lewat Musorprov XIV

Yana mengatakan, potensi tersebut harus dikembangkan para pengurus cabang olahraga. Sehingga perlu perencanaan pembinaan yang baik.

"Pembinaan non teknis dinilai penting karena menyangkut penguatan mental atlet yang ingin merebut kemenangan. Di manapun dia bertanding harus tetap meninggikan nilai-nilai sportivitas," tutur Yana Mulyana. 

Yana berharap, KONI Kota Bandung terus menunjukkan kiprahnya dalam membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembangunan olahraga. 

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi menegaskan akan konsisten membina atlet agar mampu berprestasi di ajang nasional maupun internasional.

Baca Juga: CAF Gravity Indonesia Siap Gelar Event Akbar MTB 2023 'Enduro Indonesia Series'

"Kami akan konsisten pada kinerja untuk membantu mencapai visi misi pemerintah, terutama misi yang ketiga yaitu berprestasi pada level nasional dan internasional. Kami berkomitmen menjaga itu," ujarnya.

"Hal yang kami lakukan di Kota Bandung, tentu saja akan berkontribusi untuk KONI Jabar, Pemprov Jabar, dan kepentingan nasional," imbuhnya. 

Pada raker ini, kata Nuryadi, KONI Kota Bandung mereview kegiatan selama tahun 2022. Mulai Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) dan kegiatan lainnya. 

Pada level nasional, lanjutnya terdapat 41 cabang olahraga dan atlet Kota Bandung terpanggil sebanyak 432 orang dengan 153 atlet.

"Jadi artinya 432 orang atlet Kota Bandung berlaga pada kejuaraan nasional dan seterusnya menjadi tulang punggung Jabar. Bahkan ada juga yang langsung mengikuti kejuaraan internasional atas nama pengurus besar. Selama tahun 2022 ada 16 cabang olahraga yang mengikuti kejuaraan internasional dan Kota Bandung menyumbangkan 90 atlet dan 20 pelatih," pungkasnya.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini