Jangan Tinggalkan 9 Barang Ini di Kamar Mandi, Segera Buang Kebiasaan Ini

Jangan Tinggalkan 9 Barang Ini di Kamar Mandi, Segera Buang Kebiasaan Ini Ilustrasi. Kamar mandi. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Inilah sejumlah barang yang disarankan untuk tidak disimpan di kamar mandi.

Ya, ternyata kebiasaan menyimpan barang di kamar mandi memiliki dampak yang tidak baik. Padahal hal ini sering dilakukan banyak orang.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, berikut deretan barang yang tidak baik di simpan di kamar mandi.

Baca Juga : Ini Penyebab Radang Tenggorokan yang Sering Tidak Disadari

1. Sikat gigi

Benda yang satu ini memang identik dengan kamar mandi karena sebagian orang memiliki kebiasaan menyikat gigi di sela-sela aktivitas mandi.

Setelah itu, meninggalkan sikat gigi di kamar mandi karena mengganggap hal yang biasa. Akan tetapi, mulai sekarang jangan lagi meninggalkan sikat gigi di kamar mandi.

Penelitian yang dilakukan, menemukan bahwa sikat gigi berpotensi menyimpan lebih dari 10 juta bakteri. Lebih mengejutkannya lagi, beberapa bakteri berasal dari feses yang tersebar ketika flush toilet dinyalakan.

Agar bebas dari bakteri, maka selalu bilas sikat gigi sampai bersih setiap kali digunakan. Angin-anginkan sampai kering dan jauhkan dari kloset. Menyimpan sikat gigi di luar kamar mandi akan lebih baik.

2. Handuk

Benda ini juga hampir selalu ada di kamar mandi, tetapi sebaiknya habis digunakan jangan ditinggalkan begitu saja. Lebih baik pindahkan ke tempat seperti jemuran handuk yang pastinya tidak berada di dalam kamar mandi.

Hindari menggantung handuk di pintu kamar mandi. Sebaiknya jemur handuk di bawah sinar matahari setelah digunakan untuk membantu membunuh kuman. Selain itu, ganti handuk setiap satu minggu sekali.

4. Pisau cukur

Kebiasaan lain yang sering dilakukan saat berada di kamar mandi adalah mencukur bulu dengan pisau cukur.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kondisi kamar mandi yang lembab dapat membuat pisau cukur berkarat sehingga dapat berbahaya saat digunakan atau tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga : Ini Dua Venue yang Jadi Homebase Persib Bandung di Putaran Dua Liga 1 2022/2023

5. Perhiasan

Terkadang kita tidak sadar ke kamar mandi masih dengan perhiasan lengkap sehingga kita melepaskannya ketika sudah berada di dalam.

Namun, setelah itu kadang kita lupa untuk memindahkan perhiasan dari kamar mandi ke tempat semestinya. Hal ini jelas tidak baik karena perhiasan yang dibiarkan terlalu lama berada di kamar mandi akan terpapar kelembapan dan lebih cepat bernoda, terutama yang terbuat dari perak.

6. Parfum

Jangan sampai parfum ditinggalkan di kamar mandi karena naik turunnya temperatur di kamar mandi bisa merusak molekul di dalam parfum sehingga membuat aromanya lebih asam.

7. Kosmetik

Menyimpan peralatan kosmetik seperti lipstick dan bedak di kamar mandi akan membuatnya terkena panas dan lembap. Bakteri dan jamur pun lebih mudah berkembang biak ke permukaan kosmetik.

Baca Juga : Bandung Caang Baranang, Dishub Targetkan Pembangunan 3.059 PJU dan 475 PJL

8. Obat atau vitamin

Obat, suplemen, maupun vitamin dalam bentuk apapun harus disimpan dalam suhu ruangan antara 20 atau 25 derajat celsius.

Menyimpannya di tempat lembap seperti di kamar mandi akan membuat mereka rusak lebih cepat dari tanggal kadaluarsa.

9. Cat kuku

Menyimpan cat kuku di kamar mandi akan membuat teksturnya menjadi terlalu pekat, tidak mudah menempel pada kuku, dan menggumpal karena terpapar kelembapan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini