Persib Bandung Jadi Klub Termuda di Antara 10 Klub Ini di Indonesia

Persib Bandung Jadi Klub Termuda di Antara 10 Klub Ini di Indonesia Tim Persib Bandung. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

TERASBANDUNG.COM - Persib Bandung menjadi Klub termuda diantara klub-klub ini di Indonesia. Lalu klub sepak bola dari mana saja yang dinobatkan tertua di Indonesia?

Persib atau singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Kota Bandung, Jawa Barat.

Klub ini mulai berdiri pada 14 Maret 1933. Julukan mereka adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru.

Persib tercatat sebagai klub paling populer di Indonesia. Bahkan pada periode Maret 2022, Persib menyabet predikat klub terpopuler Asia. Persib mengalahkan sejumlah klub-klub besar.

Menurut catatan Depor Finanza, popularitas ini menggunakan aktivitas di kanal YouTube masing-masing klub sebagai tolak ukur. Aktivitas yang dimaksud ialah total suka, tidak suka, komentar, dan tayangan.

Baca Juga : Penjelasan Teddy Tjahjono Soal Mariyo Londok Hengkang, dan Kabar Hoaks I Made Wirawan

Dari hasil laporan Depor Finanza, Persib masuk dalam klub dengan popularitas paling tinggi di Asia. Bahkan, Pangeran Biru menduduki peringkat puncak dengan total nilai mencapai 11,2 juta.

Meski menjadi klub paling populer di Indonesia, namun Persib bukan klub paling tua di Indonesia. Ada 10 klub yang lebih dulu eksis di sepakbola Indonesia.

Berikut ini 10 Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia:

1. PSM Makasar (1915)

PSM Makasar lahir pada 1915, kala itu klub yang memiliki julukan Ayam Jantan Dari Timur ini bernama Makasar Voetbal Bond (MVB). Kemudian pada tahun 1940, MVB berganti nama menjadi PSM Makasar.

2. PPSM Sakti Magelang (1919)

Lahir dengan nama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) pada tahun 1919, PPSM Sakti Magelang saat ini bermain di kasta kedua sepak bola Indonesia. Klub asal Magelang ini merupakan salah satu klub Indonesia yang ikut mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

3. Persis Solo (1923)

Bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) pada awal kemunculannya di Surakarta, tahun 1923, Persis Solo merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia dan mempunyai suporter dengan nama Laskar Pasoepati.

4. Persipura Jayapura (1925)

Lahir pada 1925 di Timur Indonesia, Persipura kini merupakan salah satu tim terkuat di Indonesia. Persipura bahkan telah melahirkan legenda Timnas Indonesia, Boaz Solossa. Tim dengan julukan Mutiara Hitam ini pernah beberapa kali menjuarai level teratas sepak bola Indonesia.

5. Persebaya Surabaya (1927)

Persebaya Surabaya lahir pada tahun 1927 dengan nama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Sebelum berganti nama menjadi Persebaya, klub ini sempat mengganti nama mereka menjadi Persebaja pada 1943.

6. PSIS Semarang (1928)

Klub yang memiliki julukan Mahesa Jenar ini lahir pada 1928 dengan nama Tots On Doel (TOD). PSIS semarang yang kini bermain di Liga 1 Gojek, sempat tersandung skandal besar dalam sepak bola, Calciopoli pada tahun 2014 yang mencoreng nama klub dan juga sepak bola Indonesia.

7. Persija Jakarta (1928)

Persija mungkin adalah klub yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia saat ini, karena rivalitas mereka dengan Persib Bandung yang sangat fenomenal.

8. PSBI Blitar (1928)

PSBI Blitar memiliki latar belakang yang menarik, lantaran klub asal blitar ini merupakan kesatuan sepak bola Indonesia sebelum terbentuknya PSSI. Klub dengan julukan Singo Lodro ini, kini bermain di kasta ketiga sepak bola Indonesia.

9. PSIM Yogyakarta (1929)

Klub sepak bola dengan julukan Laskar Mataram ini lahir pada 1929. Ketika itu PSIM Yogyakarta masih bernama Persatuan Sepakraga Mataram (PSM). Kemudian pada 1930 berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Mataram (PSIM).

Bergantinya nama ini merupakan tuntutan pergerakan bangsa untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

10. PSMS Medan (1930)

PSMS Medan lahir pada tahun 1930 dengan nama Medansche Voetbal Club (MSV). Nama PSMS itu sendiri baru tercetus pada tahun 1950, dan menjadikannya tahun lahir bagi PSMS. PSMS Medan atau yang kerap disapa Ayam Kinantan memiliki gaya permainan yang keras, dan cepat.

Itu lah klub-klub tertua yang ada di Indonesia. Memang tidak akan ada habisnya jika kita berbicara tentang sepak bola. Setidaknya sekarang pengetahuan kamu tentang sepak bola sudah bertambah.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini