Ini Dia Rekomendasi Ruang Publik di Kota Bandung yang Asyik Dijadikan Tempat Ngabuburit

Ini Dia Rekomendasi Ruang Publik di Kota Bandung yang Asyik Dijadikan Tempat Ngabuburit C-Bodas RC Circuit. (Youtube)

TERASBANDUNG.COM - Selama bulan Ramadan sudah menjadi tradisi bermunculan pasar-pasar jajanan buka puasa. Umat Islam menjadikan sebagai tempat ngabuburit.

Di Bandung tempat ngabuburit ada dimana-mana dan tak heran kini mendapat predikat Kota Sejuta Kuliner.

Ada beberapa spot sudah menjadi ikon lokasi ngabuburit yang asyik dan legendaris serta paling enak untuk menunggu waktu berbuka puasa bareng keluarga atau kawan.

Kamu bisa berjalan kaki, lari ringan, main bulu tangkis, sekedar bersantai atau berkativitas lainnya.

Baca Juga : Lakukan Cara Ini Biar Napas Tetap Segar Selama Puasa di Bulan Ramadan

Dilansir melalui siaran pers Humas Kota Bandung, berikut ini rekomendasi ruang publik di Kota Bandung yang asyik dijadikan tempat ngabuburit.

1. Taman Edukasi Terakota

Taman Edukasi Terakota berada di Jalan Budi Indah Kecamatan Cidadap. Taman ini diresmikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada Senin 6 Februari 2023.

Taman tersebut merupakan taman tematik edukasi pertama di Kota Bandung. Taman itu bisa digunakan masyarakat, khususnya para pelajar untuk belajar di ruang terbuka.

Di taman ini, anak-anak bisa belajar karena suasananya yang hening, juga tersedia meja dan kursi yang mendukung.

Selain pemandangan yang sejuk, di sana terdapat banyak bunga dan terakota yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Ingin ngabuburit di tempat ini? Tenang saja, masuk ke sini tidak ada biaya masuk.

2. Kolam Retensi Ciraga dan Wetland Park Cisurupan

Lokasinya berada di kaki gunung Manglayang tepatnya di Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru Kota Bandung.

Selain berfungsi sebagai lokasi konservasi air, kolam retensi Ciraga juga menjadi ruang publik yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai objek wisata.

Di Wetland Park Cisurupan juga warga dapat menikmati tempat wisata air yang menghadirkan berbagai sudut untuk berfoto dan hadirkan udara sejuk penuh pemandangan hijau.

Konsep ruang terbuka hijau dengan suasana pedesaan di Wetland Park Cisurupan itu cocok untuk masyarakat yang ingin melepas penat dan menghabiskan waktu menunggu berbuka.

Di lokasi tersebut, terdapat lebih dari 19 kolam retensi, satu septic tank komunal, satu rumah kompos, dan gazebo kreatif multifungsi.

Baca Juga : Alhamdulillah, Selama Ramadan Taman Alun-Alun Bandung Dibuka, Ini Aturan Buat Pengunjung

3. Ciko Arena 1, 2 dan 3

Ruang publik yang bernama Ciko Arena 1, 2 dan 3 tersebut dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai. Letaknya yakni berada di Jalan Binong Jati Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

Di ruang publik Ciko Arena 1 tersebut dibangun taman bawah air (aqua scape) dan pump track. Warga dapat bermain, berolah raga, dan berekreasi.

Sedangkan di Ciko Arena 2 dan 3 terdapat mini voli dan tempat bermain untuk anak.

4. Ruang Curhat Curug Tilu

Salah satu ruang publik yang diresmikan pada April 2022 lalu dan memiliki keunikan tersendiri di Kota Bandung yaitu bernama Ruang Curhat Curug Tilu. Fasilitas itu memungkinkan masyarakat untuk menyalurkan curahan hati (curhat) di ruang terbuka.

Terdapat sejumlah aturan untuk menulis curhatan, di antaranya alat tulis yang diperbolehkan digunakan hanya kapur tulis.

Sarana curhat tersebut menjadi fasilitas yang cukup unik untuk menjadi sudut foto bagi para pengunjung.

Lokasinya di Jalan Sukamulya, Sukagalih, Kecamatan Sukajadi.

Baca Juga : Promo DIGI Ramadhan Pasar NgaDIGI, Belanja ke Pasar Dapat Hadiah dari bank bjb

5. C-Bodas RC Circuit

C-Bodas RC Circuit bisa digunakan untuk masyarakat umum yang ingin jogging atau berekreasi. C-Bodas RC Circuit terletak di Jalan Jejaway, Antapani Kidul

Warga yang suka dengan RC juga dapat memainkannya di sini. Secara rutin, Komunitas RC akan menggunakan fasilitas ini dari Jumat-Minggu mulai pukul 15.00-21.00 WIB.

Khusus untuk yang ingin bermain RC, dikenakan Rp35.000. Biaya tersebut akan kembali lagi ke track sebagai kebersihan dan keamanan.

Terdapat track seluas 100 x 14 meter, ada beberapa RC yang biasa dimainkan atau ditandingkan di sini, seperti D12 pickup, kelas skala 1/10, dan kelas skala 1/12.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban circuit, setiap hari akan ada petugas yang berjaga di sini. Petugas tersebut akan memandu jika ada yang ingin menggunakan ruang terbuka tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini